Cookies hias

2:49 AM

Ini dia hasil kreasi cookies hias .. Resepnya ngambil dari blognya @irasistible . Ini dia resepnya

Kukis Hias

Bahan :
150 gram salted butter
150 gram margarine
350 gram terigu
2 kuning telur
25 gram maizena
25 gram susu bubuk fullcream
150 gram gula halus
1/2 sdt pasta vanilla

Cara membuat :
1. Aduk mentega, margarine & gula halus dengan spatula
2. Adonan dimixer sekedar untuk meratakan, sebentaar aja
3.Lalu masukkan kuning telur, aduk lagi dengan spatula
4. Masukkan vanilla pasta, aduk lagi
5. Masukkan maizena, susu bubuk dan terigu yang sudah diayak. Aduk lagi sampe dirasa udah pas dicetak. Pada tahap ini sah2 aja kalo menambahkan terigu, namun hati2 ya, masukkan sedikit2 saja & ditimbang agar nggak kebablasan.
6. Cetak dengan cetakan atau bentuk sesuai selera.
7. Oven dengan suhu 150-160 derajat hingga matang.
8. Hias dengan Royal Icing.
9. Masukkan oven lagi selama kurleb 2-3 menit hingga Royal Icing kering.
10. Dinginkan dan simpan dalam toples.

Royal Icing

Bahan:
250 gr Icing sugar / gula halus
60 cc putih telur (kira-kira dari 2 butir telur sisa bikin kukis)
1 sdt Cuka
1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat:
1. Kocok semua bahan hingga menjadi krim kental.
2. Bagi beberapa bagian untuk diwarnai dengan beberapa jenis warna.
3. Selagi membuat hiasan, tutup mangkuk berisi sisa Royal Icing dengan lap basah, untuk mencegah Royal Icing mengering di dalam mangkuk.

Nah ternyata setelah gw buat kukis ini gw dipinjemin buku cookies hiasnya peni respati dan di resep itu terigunya 750 gram jadi mungkin lbh keras dengan resep cookies di atas cookiesnya jadi lebih rapuh tapi enaak kok.
Yg bikin susah tuh menghias pake royal icingnya. Gw pake gula halus entah merk apaan ga jelas dan kurang halus. Jadinya kok royal icingnya terlalu cair and bikin susah ngehias cookiesnya. Sempet baca di bukunya peni respati itu untuk mendapatkan royal icing yang lebih kental ditambahkan gula halusnya sedikit2 atau dikocoknya lebih lama. Nah kalo icingnya agak kental mungkin menghiasnya jadi lebih mudah dan ga beleberan pas ngehiasnya..gituuuh..
Powered by Telkomsel BlackBerry®

You Might Also Like

1 comments

  1. thanks tips dan resepnya ya, mbak. aku mau coba akh.

    ReplyDelete