Tips berASIxclusif

1:33 AM

Asi xclusif adalah memberikan asi saja selama 6 bulan kehidupan bayi, no air putih bahkan no pisang, hanya asi. Setelah 6 bulan berikan makanan pendamping asi dan asi tetap dilanjutkan. Sampai usia berapa memberikan asi?itu terserah kesepakatan ibu, WHO dan AlQuran c menyarankan sampai 2 tahun, tapi kalo ibu dna anak enjoy silahkan tentukan sendiri kapan anak berhenti minum ASI.


Ayo mom mari kita usahakan yang terbaik buat anak kita. Dan asi adalah salah satunya. Udah berani hamil masa ga berani ASI. Sayapun belum sempurna saat menerapkan asi xclusif ke qila. Tapi makin banyak nerima info tentang asi xclusif makin semangat dan semoga untuk anak berikutnya akan lebih sempurna ber ASI xclusifnya. Ini tips yang saya rasakan perlu diketahui ibu dan calon ibu, kalo ada yang mau nambahin yuk mariii, mari kita belajar bersama-sama..

1. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya tentang asi sejak hamil.
Jadi ilmu tentang asi jangan ilmu denger atau katanya aja pas bayi udah lahir. Makin kita ga mempersiapkan makin kita gak tahu makin kita gak mau tahu makin kita malas buat terus ASi di tengah halangan-halangan yang menggoda.Pas hamil coba mulai cari tahu tentang persiapan PD untuk menyusui. Gimana harus mulai memijat PD, harus mulai bersihin nipple, dll. Kalo mau lebih sip pergilah ke klinik laktasi atau ikut kelas laktasi yang sering diadakan AIMI. Ajak suami ikut kelas laktasi ini biar dia makin tahu pentingnya ASI dan menjadi orang yang mendukung ibu buat memberikan ASI. Support suami sangat berarti besar kan?
Pengetahuan dari sebelum hamil ini sangat penting, jadi kita bisa mempersiapkan bahwa si baby hanya akan mendapat ASI. Karena akan dimulai sejak baru lahir yaitu bayi akan melewati proses IMD (inisiasi menyusui dini, dimana si baby diletakan di perut ibu selama 30menit-1 jam untuk mencari sendiri nipple ibunya) lalu rooming in (rawat gabung sekamar ibu dan bayi).dari info tersebut kita akan memilih rumah sakit yang mau melakukan prosedur IMD dan rooming in. karena ga semua RS mau melakukan prosedur itu, padahal itu anak kita yah dan kita berhak untuk itu. Masih bingung kenpa belum support.

Dan saya salah satu yang gagal tidak mengalami prosedur IMD dan tidak rooming in. jadi si bayi dibawa ke ruangan bayi dan baru diantarkan ke ruangan setelah saya minta atau saya yang harus tertatih tatih menuju ruang bayi. Dan sayangnya saat itu saya belum luas pengetahuannya tentang asi sehingga anak saya diberi early feeding 60 cc susu formula dari hari pertama lahir, padahal lambung bayi sebesar biji kelereng aja pas hari pertama. Nyesel deh begitu tahu ilmunya ini. Jadi jangan sampai mengalami hal seperti ini.

2. Cari orang yang mendukung asi
Ini yang bikin tambah semangat. Karena kegagalan asi xclusif salah satunya karena tergoyahkan oleh orang-orang yang termakan iklan susu formula. Itu bisa dating dari orang tua, suami, mertua atau teman kita. Karena itu kalo suami, orang tua atau keluarga ga mendukung ASI carilah teman yang mendukung ASI xclusif atau bahkan sudah berpengalaman sukses ASI xclusif.
zaman dah canggih gini ada tuh milist asyfor baby atau kalo mau gampang follow aja twitternya aimi @aimi-asi. Sharing ibu-ibu disana bakalan bikin kita makin semangat buat memberikan asi karena akan ada sharing ilmu dan juga sharing pengalaman yang sangat berguna buat ibu.

3. Bulatkan tekad kuatkan niat
Ini yang penting, kalo udah ga niat saya gak tahu lagi musti gimana yah.

4. Keep happy and positif thinking
Produksi asi itu dipengaruhi hormone prolaktin dan oksitosin. Kalo kita stress maka hormone tersebut akan terganggu produksinya dan akhirnya bikin produksi asi juga menurun.
Saya sering mendengar teman-teman yang bilang "kalo merah asi Cuma dapet 10 cc" mulai sekarang yuk ganti the way thinkingnya jadi "Alhamdulillah dapet 10 cc, kalo makin sering dipompa insya Allah besok bakal dapet 20 cc sekali pompa, dan besoknya 30 cc dan besoknya 100 cc" u know lah the power of positif thinking J

5. Persiapan ASIXclusif untuk ibu bekerja
udah pada tahun kan walaupun ibu bekerja, bayi tetap bisa asi xclusif?Cari tahu tentang ASIP (ASI Perah) bagaimana cara pompanya, bagaimana menyimpannya, bagaimana memberikannya, peralatan apa yang diperlukan, etc. … itu nanti saya coba tulis juga yaaa…doakan ada waktu yang cukup buat menulisnya..

Oke ibu ayo berASI xclusif demi menghemat uang Negara buat belanja susu formula impor, demi nutrisi terbaik buat si baby dan demi banyak manfaat yang akan diterima ibu, bayi dan ayah dengan ASI xclusif ;)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

You Might Also Like

0 comments