Mengurus paspor

4:12 AM

Akhirnya si paspor diurus juga. Jangan tanya mau kemana saya ngurus paspor :D murni ngurus paspor buat memenuhi persyaratan administrasi aja, biar kl beneran mau pergi gampang ga ush riweuh ngurus paspor cepet2. Jd selagi ada waktu luang diuruslah paspornya. Karena paspor saya expired juni taun lalu dan si bocil belum punya paspor ya diuruslah hanya paspor kita berdua, kalo si ayah paspornya masih berlaku sampai tahun depan.
Nah sekarang ngurus paspor gaya2an ga pake calo, murni urus sendiri. Kalo pake calo kena 500rban ga pake ngantri lama, kalo ngurus sendiri abisnya cuma 255+15rb plus antri lumayan lama. Tapi puas yah hemat 250rb/org :D hehehehehe...resepnya hanya sabar menunggu :)
Apa c yang dibutuhin buat bikin paspor?
Pertama kita ambil form dan beli mapnya 15rb. Formnya diisi dan ada 2 berkas yg butuh ttd di atas materai.
Kalo yang dibutuhin buat persyaratan paspor dengan usia di atas 17thn antara lain:
1. Ktp
2. Akte kelahiran/ijazah
3. Kartu keluarga
4. Surat nikah (kl udh nikah)
5. Paspor lama
6. Isi formulir
7. Kl dokter suruh fotokopi SIP

Kalo usia di bawah 17thn
1. Ktp ayah dan ibu
2. Akte kelahiran/ijazah
3. Kartu keluarga
4. Surat nikah orang tua
5. Paspor ayah dan ibu
6. Isi formulir

Semua berkas itu difotokopi dan bawa surat aslinya. Truz isi formulir dan dimasukan ke dalam map. Dtg deh ke imigrasi. Ambil antrian dan masukkin ke loket. Nanti si petugas akan mengecek semua fotokopian berkas dan mencocokan dengan aslinya.
Truz kita suruh balik lagi 3 hr (harinya diitung hari kerja, jd kl masukkin kamis, suruh balik lg selasa). Nah hari kedatangan kedua kita ambil antrian lagi truz dipanggil buat bayar 255rb. Truz dapet antrian buat wawancara dan foto. Antrian buat bayarnya c sebentar yang lama antrian buat fotonya. Saya datang setengah 11 buat antrian dan br dapet giliran jam 3 sore (fiiiuh) qila ampe udh keburu ngantuk dan tidur pas dipanggil buat foto, jadinya pas difoto mukanya ngantuk susah cari angel foto yg bagus ampe bkn komputernya hang.hehehehe
Nah setelah foto dan wawancara kita disuruh balik lg empat hari kemudian buat ambil paspornya.

Tips buat urus paspor :
1. Siapkan semua berkas. Pastikan di semua dokumen datanya sama bahkan spellingnya hrs benar. Kl ada yg salah harus balik lg bawa surat keterangan. Dan jangan lupa bawa berkas aslinya.
2. Lebih baik dateng pagi2 ke kantor imigrasi supaya dpt antrian lbh awal dan gak lama antri. Kantor imigrasi udh buka jam setengah 7 atau jam 7 buat kita ambil antrian.

Kl ngurus sendiri emg musti sabar2 buat antri. Jd hrs pilih mau byr 2x lipat pake calo apa bayar murah tp capek antri :D

You Might Also Like

0 comments