Spesialis Kedokteran penerbangan

5:53 AM

Tiap ada yg nanya gw sekolah apa, truz gw jawab sekolah spesialis kedokteran penerbangan, kebanyakan orang bakal bilang"emang ada yah?ngapain aja itu?"

Well, baiklah saya akan menjelaskan biar lebih melek ttp spesialisasi ini :)

Spesialisasi ini emang baru dibuka sekolahnya di UI. Gw angkatan pertama, jd akan tertulis nama gw di sejarah sekolah spesialis kedokteran penerbangan sebagai 11 murid pertama di spesialisasi ini *penting banget deh*

So spesialisasi ini ngapain aja yah?jadi namanya spesialisasi kedokteran penerbangan ruang lingkupnya adalah bandara, sekitar banda hingga keluar angkasa.jd calon pasien kita dari groundcrew sampe pilot. Terutama c pilot yah karena mereka ini faktor utama yg menentukan keselamatan para penumpang pesawat. Selain itu juga kita juga harusnya jd konsultan transportasi pasien melalui udara. Karena kondisi dalam pesawat yg berbeda dgn keadaan di permukaan bumi, tentunya ada beberapa hal yg hrs diperhatikan saat tranportasi pasien melalui udara. Selama ini yg dikonsultasikan biasanya dokter spesialis biasa, dimana mereka jg ga aware ttg kondisi pressurized cabin di pesawat

Apa yg harus disiapin kalo mau masuk spesialisasi ini? Persiapan mental tentu penting, surat juga, toefl kl bs diatas 550, wwancara,tes psikologi. saat semester satu kita akan ada praktikum aerofisiologi, nyobain hipobaric chamber, HUET, ejection seat, dll. Nah pas praktikum ini bebener2 persiapan mental. Contohnya praktikum HUET dimana kita masuk ke chamber simulasi helicopter truz musti usaha escaping dr chamber yg dimasukkn k dlm air. Lumayan bkndeg2an deh ini praktikum.

Enaknya spesialisasi ini adalah kita ga ada jag, kuliah 3 kali seminggu dan banyak teloransi,

Berhubung gwbr masuk semester dua itu aja yg bs dishare..mudah2aan sempet updayte lg >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ͡

Powered by Telkomsel BlackBerry®

You Might Also Like

28 comments

  1. Halo dok,
    Saya berminat sama spesialis kedokteran penerbangan, tapi sayangnya masih sedikit info2 tentang kedokteran penerbangan :( mungkin karena masih baru..
    Saya mau tanya, Kalo udah lulus nanti kerjanya selain di bandara di mana aja ya?
    Terima kasih ya dok.

    ReplyDelete
  2. hi thella, untuk SpKP lapangan kerjanya selain jadi dokter bandara, bisa jadi dokter di departemen perhbungan untuk tes kesehatan awak pesawat, bisa jadi dosen, bisa di maskapai.

    ReplyDelete
  3. Oo gitu ya dok, berarti sebenernya cukup luas juga ya lingkup kerjanya..

    Saya masih punya beberapa pertanyaan lagi nih dok, mudah2an dokter berkenan menjawab.. Maaf ya jadi tanya2 melulu, soalnya bingung mau cari info ke mana lagi >_<

    1. Kalau ujian masuknya itu ada teori kedokteran penerbangannya juga ya dok? saya mau tanya buku yang bagus untuk belajar tentang ilmu ini apa ya? saya coba cari2 tapi kayaknya masih langka (ga ada yang jual n harus order dari luar negeri).. ada rekomen enaknya belajar dari mana ya?

    2. Pendaftaran sekolahnya untuk tahun ini dibuka lagi bulan apa ya dok?

    Terima kasih banyak ya dok udah dijawab pertanyaanku :D maaf banget kalo jadinya ngerepotin..

    ReplyDelete
  4. kalo angkatan saya tidak ada teori kedokteran penerbangan, tapi untuk angkatan yg mau masuk tahun ini katanya akan ada test teori juga yah. kalo untuk buku, bisa pake ernsting cari aja di google books ada kok.
    pendaftarannya kayaknya dibuka trus tapi test masuknya unutk periode juni/juli.

    ReplyDelete
  5. Oh jadi bukunya Ernsting ya..

    Yang bulan juni/juli itu mulai pendaftaran barunya ya.. Berarti kalo saya mau daftar buat tahun ini belom telat ya dok?

    ReplyDelete
  6. Dok, saya minat penerbangan dari keciL... pengen jadi piLot. tapi entah kenapa ortu pengen anaknya jadi dokter... kebetulan ada spesiaZLisasi yg bisa mengakomodir minat saya d dunia penerbangan,,,,meski gak jadi piLot... sebenarnya saya maw nanya banyak,,, mungkin dokter ada ym,gtaLk, atau pin bb yg bisa di-share... makasih sebeLumnya Dok. circuluswillisi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. RT mas arya hehe, numpang izin dok , konsul via email, thanks

      Delete
  7. mau tanya dok, apakah rata2 yang sedang ambil spesialis KP dari dokter TNI AU? atau orang awam? btk

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kebutuhannya dari TNI AU mungkin lebih besar, di angkatan saya saja ada 4 orang dari TNI AU dari total siswa 11 orang tetapi dokter yang dari institusi lain atau pribadi yang minat pu ada

      Delete
  8. dr. Resna, saya kerja di BMKG sebagai dokter umum. Saya ingin mengembangkan karier saya dan saya berminat untuk melanjutkan sekolah di spesialis kedokteran penerbangan. Apakah dengan latar belakang ini, saya mendapat poin plus ketika akan mendaftar di pendidikan Sp.KP nanti? Terima kasih, dr. Resna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak bisa menjawab dok. mungkin kalo anda dikirim dari institusi anda bisa jadi nilai lebih.

      Delete
  9. Salam, Dokter.

    Wah, saya baru tau ada spesialis Kedokteran Penerbangan. Oya, dokter, mau nanya, untuk masuk spesialis ini ada batasan tinggi badan minimal tidak ya? Kalau ada, untuk perempuan berapa cm? Terima kasih dokter

    ReplyDelete
  10. temen gw litacha tamlicha katany masuk di spesialis ini. kenal gak dok? salam yaaa.
    d>anjani

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tapi tacha sudah mengundurkan diri :)

      Delete
  11. wow menarik sekali.... kalau saya mau tanya info lebih lanjut saya harus hubungi kemana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh info untuk pendaftaran kah?
      bisa ke bagian pendaftaran PPDS di makmal FKUI :)

      Delete
  12. dok, untuk prospeknya ke depan Sp.KP bagaimana?? berapa biaya sekolahnya dan berapa lama pendidikannya? makasih...

    ReplyDelete
  13. Ass mau nanya dok, itu salah 1 syaratnya ada "surat", maksudnya itu surat apa ya dok?? Surat rekomendasi gtu dok?? Emg itu harus ada dok?? Dari pilot atau dokter atau bagaimana dok??terimakasi

    ReplyDelete
  14. Dok apa hanya di UI yang buka spesialis kedokteran penerbangan?

    ReplyDelete
  15. Dok, bs minta nmr atau jejaring sosial yg bs di hubungi

    ReplyDelete
  16. Halo Dok,salam kenal dari Kendari.
    Saya tertarik Sp.KP ini.. Boleh saya bertanya dok?Yg saya tanyakan berapa biaya yang dihabiskan dokter per tahunnya? (menurut Pengalam an pribadi dokter)... Mengingat praktikumnya yg melibatkan helikopter dsb jadi agak keder soal biaya nih dok..
    Thx b4 atas jawabannya.

    ReplyDelete
  17. batas umur utk ambil jurusan ini brp ya?!
    Soalx saya sudah 37th, nd sudah mnjdi dokter di klinik saya pribadi..

    ReplyDelete
  18. Selamat malam dok,
    Perkenalkan saya Agustina Lestari FK Unpad 2010, saat ini sedang bekerja sebagai dokter internship. Saya sangat berminat untuk mengejar karir di kedokteran penerbangan. Namun saya menyadari masih sangat kurang terpapar dengan kedokteran penerbangan terutama mengenai jejaring dokter penerbangan. Apakah boleh jika saya meminta kontak (email atau whatsapp) dokter untuk berdiskusi?

    Terimakasih banyak dok sebelumnya,

    ReplyDelete
  19. Dok,
    Sebelum masuk fakultas kedokteran penerbangan,apakah harus kuliah sarjana tertentu? Kalau ia,sarjana apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarjana kedokteran umum baru ambil spesialis kedokteran penerbangan nanti jadinnya sp.kp(spesialis.kedokteran penerbangan)

      Delete
    2. Sarjana kedokteran umum baru ambil spesialis kedokteran penerbangan nanti jadinnya sp.kp(spesialis.kedokteran penerbangan)

      Delete
  20. Siang dokter resna..
    Saya mau tanya itu syarat masuk ke dokter penerbangan harus ada surat diakui pemerintah itu bagaimana ya dok?secara saya kerja di swasta..
    Terimakasih dok
    Boleh minta tolong email kalo ada dok ..
    Untuk test masuk nya buku aoa ya dok..
    Makasih dok

    ReplyDelete