proses menyapih

10:22 PM

Terhitung sejak kamis sore, tanggal 31 Maret 2010 sore (lengkap bener yah) qila mulai disapih. Memang qila belum genap 2 thn, tapi entah kenapa kemarin sore itu agak kesel ma qila yang sepanjang perjalanan itu mimi truz dan kalo diperhatiin lebih banyak ngempengnya daripada mimi benerannya, ampe kebas rasanya. Ampe rumah juga qila truz-truzan mimi dan akhirnya iseng miminya dipakein minyak angin aromaterapi punya neneknya qila.
Pas qila minta mimi, dia nyium bau minyaknya dan ga mau mimi. Truz pas mau tidur dia sempet bilang mimi ah, pas disodorin kok dia bilang ga mau, pas tidur juga dia ga nyari mimi malah teriak minta minum. Ampe tadi sore ditawarin mimi ga mau, dia lebih milih minum. Nah ini ibunya yang labil yang ngerasa sedih anaknya disapih dengan cepat. Agak merasa bersalah karena belum genap dua tahun.
Proses weaningnya cepet sekali, ga ada tuh dia marah atau merengek-rengek maksa minta mimi. Padahal sebelumnya ngebayangin dia bakal maksa minta mimi. Ternyata enggak loh, dia cepet sekali memutuskan untuk gak mimi lagi. Tapi ini baru dua hari sih. Katanya ada anak yang udh berhenti sebulan truz minta mimi lagi.
Ini bundanya agak labil nih, sempet mikir ga jadi nyapihnya sekarang tapi nanti aja pas 2 tahun. Tapi tadi nyoba kasi mimi, dan kalo qila mau batal deh menyapihnya. Barusan qila bangun tidur, dan bunda tawarin mau mimi gak dia malah bilang mau minum aja L
Oooh…begini ternyata rasanya menyapih anak yah?gw pikir bakalan jadi senang setelah menyapih. Tapi kok seharian ini kayak ngerasa ada yang kurang truz jadi merasa qila ga butuh lagi bundanya. –hikshikshikshikshiks-
Mungkin ini bukan metode weaning with love yah,tapi dengan metode ini qila sudah bisa menyapih dirinya sendiri dengan tepat. Mudah-mudahan qila sudah mengerti dia sudah besar dan ga perlu mimi lagi. Dari kemaren selalu gw puji, qila udh besar udah ga mimi lagi, qila pinter yah. Semacam itulah. Dan anaknya lempeng aja tuh ga ada ngamuk-ngamuk minta mimi.
Anak bunda memang pintar yah, langsung cepet gini disapihnya. Ampe neneknya bingung nanya udah Cuma gitu aja cara nyapihnya. Padahal dulu ibunya susah disapihnya ampe pake bermacam-macam cara, lah ini cucunya Cuma nyium bau minyak aromaterapi di miminya langsung ga mau mimi.
Sebenernya ada colongannya juga c malem2 dia nangis enta kenapa, truz gq Tanya “qila mau mimi” “iya” ya udah gw sodorin deh tuh truz dia mimi ampe puas kayaknya. Rasanya agak lega karena ttp bisa masih ngasi qila asi sampai qila dua tahun. Jadi kayaknya sebulan ini gw akan tetep kasi qila mimi tapi hanya malem, kalo siang enggak. Jadi weaningnya perlahan-lahan yah.
Kalo siang qila sadar diri, ga pernah minta mimi. Pernah sih tiba-tiba pagi2 teriak mau mimi ah, truz gw bilang apa?mimi? dia jawab enggaaak..:D sekarang kalo bundanya bilang qila sudah besar yah, enggak mimi lagi, makan and minumnya aja yang banyak yah..dia dengan patuh menjawab iyaaah..
Nah jadi selama sebulan kedepan qila masih bisa mimi tapi ga sesering dulu. Kalo dulu selama ada ibunya dia nempeeel truz miminya ampe kebas deh. Kalo naik mobil, biasanya pas duduk kata ayahnya SOPnya langsung minta mimi sekrang enggak. Jadi sepanjang jalan dia akan nyanyi ampe berapa album tuh nyanyi truz dan akhirnya kalo udh cape tidur sendiri deh. Sebenernya ada enaknya yah gak mimi lagi, pake baju juga ga mikir ini bisa dipake buat nyusuin apa enggak dan selama perjalanan naik mobil gak kebas mimiin qila ampe tempat tujuan.
Semoga keputusan untuk menyapih agak awal ini bisa membuat qila jadi lebih mandiri yah..tetep jadi anak yang manis dan sayang bunda yah nak :)
 

You Might Also Like

0 comments