bandung ----makan-makan teruuus

12:57 PM

weekend kemarin akhirnya kesampean ke bandung lagi dan merasakan yang namanya wisata kuliner. kayaknya makan terus tapi itu belum banyak tempat dikunjungi loh..ada rekomendasi teman yang belum sempat terkunjungi karena kita kekenyangan :) pergi bareng adek-adek gw yang mang doyan makan jadi lengkaplah ada teman kuliner-an.

jadwal makan kita kemarin pertama ke sate maranggi cibungur purwakarta. niat bener yah ampe ke purwakarta dulu. tapi emang dari kapan tahu pengen nyobain sate purwakarta yang katanya enak. baca-baca banyak rekomendasi hampir semua bilang enak. ya sudah kita meluncurlah kesana. berbekal alamat dari hasil googling ternyata ga susah nyarinya. disana kita mesan sate maranggi kambing and sapi plus lontong and sop dengkul buat neng qila minumnya es kelapa ma es jeruk. ternyata emang enak satenya dan ga berasa makan hampir sepuluh tusuk. padahal kalo sate kambing biasa c udh keleyengan kali. ga heran baca di salah satu blog temennya bisa makan ampe 5 porsi sendiri atau 50 tusuk kalo makan sate maranggi di purwakarta itu. makan 10 aja itu masih pengen lagi tapi karena takut ga habis diputuskan cukup 10 tusuk aja karena musti meluangkan tempat di perut buat makanan lain di bandung. hehehehe..
harga makanan di sini juga ga terlalu mahal pesanan tadi (satenya 40 tusuk), sop dengkul, es teh manis 1, es kelapa 2, es jeruk 2, lontong 3 porsi and nasi 1 total dihabiskan 140rb aja.
sate maranggi cibungur
kalo mau kesana keluar aja di tol cikampek ketemu lampu merah ambil belok kanan terus jalan lurus ampe ketemu sate maranggi cibungur dan es kelapa di sebelah kiri jalan, tempatnya lumayan gede bentuknya kayak warung dan tempat parkirnya luas.

dari purwakarta kita menuju bandung tadinya mau ke PVJ karena dekat pasteur tapi ternyata sopir salah ambil jalan and keluar di setia budi, yasudah kita jadwal ulang PVJnya mampir ke yens baby shop setia budi. disana beli botol minum qila, pelampung tangan, ama pampersnya qila. dan di sebelah yens persis itu ada suis butcher tempat makan steak. dilanjutkanlah makan siang disana. aku pesen tenderloin parmegiana, adekku yang pertama pesen sosis brawswut (tulisannya lupa :D) trus yang satulagi pesen sirloin steak. si tenderloin parmegiana ini agak istimewa karena disiram saus toat and cheese trus side dishnya brokolidisram cheese sauce and ada kentang gorengnya (lupa namanya apa kentang gorengnya)
suis butcher : jalan setia budi
tenderloin parmegiana


dari setiabudi kita lanjut ke rumah mode, kalo ke bandung ga ke rumah mode rasanya ada yang kurang yah :) di rumah mode ga sempet liat apa-apa karena tuan putri pengen pulang setelah dia dapat mainana tentunya..ibunya jd ga sempet liat-liat deh :( eh tapii setelah dibawa ke foodcourt trus dikasi pancake es krim dia anteng yah ga minta pulang. pas lagi anteng gitu akhirnya sempet liat-liat tas and sandal/sepatu di counter bagian depan. setelah dapet sendal teplek harga kurang dr 100rb balik lagi ke foodcourtnya truz mampir di redbean beli tfustick and strawberry cheese cake dan balik-balik liat neng qila udah megang puding and beli bolu kukus lemon and cookies lucu gambar orang, ternyata dia obsesinya makanan juga yah :)
strawberry cheese cake


dari rumah mode udah lumayan sore, lanjut ke ciwalk and qila menemukan playground. jadi dia betah bener disana tadinya cuma main setengah jam tapi anaknya masih betah jadi lanjut 1 jam. di ciwalk cuma nemenin ade gw makan BMK (ke bandung kok makan BMK) truz qila main di playgroun lanjut ke yogya beli aqua and cemilan.

tadinya mau langsung balik ke hotel tapi saya penasaran ma sop kaki pak memed di depan bca dago yang diagung2kan orang bandung:) googling tempatnya katanya di dipati ukur, jadi sopir gw mbil jalan dari arah pasupati di perempaptan lurus aja truz belok masuk dipati ukur, dikira dipati ukurnya sebelah mana ternyata yang pas banget jalan masuk dari dago, ini malah nyari ke arah unpad puter balik nyariin bank bcanya ternyata bank bcanya emang di dago. ketemulah si sopkaki itu tanpa disengaja. kita pesen dua mangkok pake kaki, dagig, lidah and otak buat adek gw yg bungsu. makan berlima (sama qila) pesen nasi cuma dua karena yang lain masih kekenyangan.
sop kaki BCA

ternyata emang sopnya enaak, khususnya kuahnya yang enak. kita nyeruputin kuahnya aja adek gw yang tadinya ga mau makan juga makan nasi pake kuah aja karena males makan dagingnya. bahkan sempe becanda boleh ga pesen kuahnya aja pake tomat and emping yang banyak :) soalnya emang kuahnya yang bikin nagih dagingya mah standar.
di sini pesen nasi dua es teh manis and sopnya dua mangkok cuma abis 37rb. dan pas bayar itu dia ngitungya 2 mangkok supaya yah?ga pake ngitung jumlah daging yang gw ambl. emang gitu yah ngitungnya?
sop kaki bca:jalan dipati ukur samping BCA dago

perjalanan kuliner hari pertama berakhir di sop bca dago abis itu kia balik ke hotel mau lanjut ke PVJ rasnaya males beneer :)

hari kedua kita sarapan sepuasnya di hotel. karena nginep di hilton makannya enak and banyak banget variasinya. sarapan ampe kenyang truz lanjut berenang. pas berenang ini tumben-tumbenan qila cuma main air sebentar truz ngajak balik ke kamar padahal biasnaya paling susah keluar dari kolam. mungkin karena airnya dingin kali yah. abis berenang mandi truz qila tidur, gak tega yah kalo anak baru tidur truz diajak pergi, pasti dia bangun. jadi kita nunggu qila bangun sekalian sholat dulu truz lanjut lunch.

Pilihan jatuh ke roemah nenek. posisinya ada di daerah belakang gedung sate. tadinya ke sini pengen nyobain pizza bakarnya tapi ternyata menu itu baru ada sore jadi kita pesen yang lain. pesen nasi tutug oncom, sop buntut goren, exotic burger and nasi merah bakar buat gw. nasi tutug oncomnya enak kencurnya terasa karena gw suka kencur jadi nasi ini terasa enaknya :) kalo burger and sop buntutnya c standar rasanya nah truz pesenan gw si nasi merah bakar yang datengnya lama ini ternyata mengecewakan, gw ampe pesen makanan lain, mesen nasi tutug oncom lagi buat lunch soalnya rasa nasi merah bakarnya aneh buat lidah gw. nasi bakarnya cuma nasi merah diselipin kemangi and dibakar rasa nasinya agak bau apek truz lauknya ayam bumbu kuning kayak bumbu pepes gitu, aah bukan selera gw banget gak gw abisin cuma nyoba 2-3 suap truz langsung mutusin pesen nasi tutug oncom. tahu rasanya bakal begitu gw pesen nasi tutug oncom dari sebelumnya rasanya enak and datengnya juga cepet :(
nasi tutug oncom roemah nenek
exotic burger


abis lunch kita lanjut belanja ke FO dideretan riau, dapet croccs abal-abal warna magenta truz pouch kosmetik anna sui, bajunya qila and baju si ayah di heritage. abis belanja adek gw yang pertama pengen makan cuanki jadi kita lanjut ke cuanki jalan serayu yang sering diomongin suaminya titidj di twitter. disana pesen 2 porsi penuh cuanki campur, 1/2 porsi and 1/2 porsi basonya aja.  karena masih kenyang mungkin and suasananya rame bener jadi ga nyaman makannya. menurut gw cuanki di sini terlalu berat gw lebih suka cuanki abang-abang yang lewat depan rumah nenek gw. cuankinya terdiri dari pangsit somay and baso. nah si pangsitnya ini tebal cruncy truz dipotong somaynya agak terlalu keras dan kurang gurih truz ada tahunya juga denk basonya juga standar. pulang-pulang bungkus 1 bungkus batagor buat cemilan di hotel. kalo si batagornya lumayan lah.

abis dari cuanki kita lanjut penasaran nyobain es duren pak aip di tubagus ismail. karena waktu ke bandung sebelumnya sudah berhasl beli es duren pak aip tapi gagal mencicipi maka ke bandung kali ini musti berhasil nyicipin. sampe juga ke sana. karena lagi musim duren kayaknya tumpukan durennya banyak banget di depan tokonya. kita pesen 2 mangkok es duren satu original yang satu bworny sugar. kalo original dikasi gula putih and susu kental manis, kalo yang browny dikasi gula merah and sedikit susu (kayaknya) 1 mangkuk itu isi durennya sekitar 10 biji tapi tenryata durennya ad ayang kurang enak masih agak mentah dan gak manis. jadi sebenernya di sini menang di sausnya aja and  jumlah durennya yang agak banyak. qila yang emang suka duren ribut pengen duren yang belum dibuka di depan toko begitu liat es durennya dia ambil pake tangan biji durennya dan makan duren pake tangan ga kayak makan es duren :) lumayanlah baut dicoba disini. satu porsi es duren 15rb aja :)
es duren pak aip

dari sini kita mau balik ke hotel tadinya tapi berhubung salah jalan (ngikutin petunjuk jalan dari gps yang ternyata jalan kecil and jauh) akhirnya kita nyasar ampe surapati tapi dilanjutin nyampe dipati ukur and tentunya musti nyoba bebek goreng boromeus.

bebek goreng boromeus ini ada si sebrang ugd boromeus, tempatnya rame bener. katanya kalo malam minggu musti dateng sebelum jam 8 kalo ga mau keabisan. kita sampe ke sana jam 7an truz sistem pesennya ditulis di bon yg udah ada nomornya nanti kita bakal dipanggil sesuai nomor. pesen 3 bebek goreng and 2 nasi utih (sayang ga ada nasi uduk nih :( ) sambil nunggu gw mampir dulu ke lavie di jalan imam bonjol yang deket dari boromeus. dasar ibu-ibu niat beli termos kecil buat qila tapi liat-liat baju jadinya dapet baju dress buat qila deh :)
bebek goreng boromeus

dari sana kita pulang ke hotel karena si ayah udah nungguin di hotel minta dibawain cemilan. makan bebeknya di hotel. ternyata emang bebeknya enak. qila aja hampir abis 1 potong. tapi sayang sambelnya kurang nendang kalo sambelnya lebih enak lebih oke tuh.
kalo udah ampe hotel males kemana-mana tadinya mau lanjut pvj lagipula kasian qila kalo pergi malem-malem akhirnya kita lanjut siap-siap tidur aja. tapi ternyataaa neng qila ga bisa tidur ampe jam 12an. ibunya udh ngantuk dia masih melek aja. udah ngabisin 2 botol susu tetep aja ga bisa tidur. bundnaya bilang "merem aja matanya qila" truz dia jawab :ga bisa bobo bunda!" pake acara laper tengah malem segala padhaal ga ada makanan, lupa ga nyiapin cemilan buat qila. akhirnya ada sisa batagor yang dia liat dan dia kekeh mau makan tahunya. setelah makan 2 poong tahu akhirnya dia tiduur :)

pagi-pagi kita lanjut sarapan di hotel rencananya jam 8 udah cabut dari hotel tapi berhubung bareng putri-putri solo jadi jam 9.30 baru berangkat. destinasi pertama ke kebun bianntang taman sari. tapi ternyata macet bikin kita baru sampe sana hampir jam setengah 11 dimana matahari segitu mencrangnya dan si neng qila bobo stengah jam sebelum sampe. kalo dibangunin bakal ngamuk2 ga jelas jadi kita batal ke kebun binatang and lanjut ke FO dago. di dago cuma ke grande (di bogor juga ada ini mah) ama ke jetstar di sebelha grande. ga dapet apa2 selain celana cargo merk circo warna beige yang diskon 60% buat qila. hehehehehe

karena kita musti check out maksimal jam 2 maka kita putusnya pulang ke hotel tapi sebelum pulang sibumil ini masih penasaran ma bubur ayam mang oyo. karena menurut googling bubur ayam mang oyo deket-deket dago jadi kita mampir dulu ke jalan sulanjana dan nyobain bubur ayamnya. ternyata bubur ayamnya biasa aja. lebih enak kalo makan buburnya ga pake apa-apa. kalo di bogor kan bubur ayam pake air kaldu kuning kalo disini bumbunya udah nyatu ma bubur.

berakhirlah perjalanan kuliner di bandung hari itu. tadinya pengen nyobain humming bird and origin tapi ternyata ga sempet..next time ke bandung musti dicoba kayaknya ..

perut kenyang hati senang :))
  

You Might Also Like

0 comments