INVESTASI EMAS

3:38 AM

Zamannya jahiliyah belum tahu namanya investasi saya males beli emas karena kayaknya riweuh. Dan waktu itu juga belum ngerti emas itu bisa jadi sarana investasi dalam bentuk emas batangan atau LM. Tahunya emas itu Cuma dipake buat perhiasan, dank arena ga terlalu suka pake perhiasan (ini dulu yaah). Dulu kalo suami liat toko emas and nyuruh gw milih, gw malees gitu deh dan harganya yang ga jelas takut pilih yang gw suka ntar tahunya berlian smua dan harganya mahal, jadi gw lebih suka beli gadget daripada dibliin perhiasan. Tapi kalo sekarang c kayaknya cincin and gelang yang dipake temen itu lucu-lucu yaah (kemana aja deh gw) tapi sayang suami kok ga pernah nawarin beli perhiasan lagi yah? *mintadigetok*
Sejak mulai mengikuti beberapa kuliah di twitter tentang emas (follow @endykurniawan @ahmadgozali) mulai ngerti deh untuk investasi ke emas. Awalnya c ngerti dulu pentingnya investasi dengan ikut kuliah twit dari FP kayak @aidilakbar @safirsenduk @mrshananto. Mari mulai sedikit-sedikit belajar investasi. Jadi awal pertama saya beli dinar. Awal tahun 2010 harganya kalo ga salah 1,4jutaan sekarang 1 tahun udah 1,8jutaan aja deh. Nyesel ga beli banyak tuh di awal (kayak orang tajir aja). Dari beli dinar itu saya tahu ada namanya m-dinar atau tabungan dinar. Jadi kita masukan tabungan tapi dalam nominal dinar. Pembukaan awal minimal 0,25 dinar dan selanjutnya minimal 0,1 dinar. Jadi kita gak musti ngumpulin duit banyak dulu supaya bisa beli satuan keeping dinar tapi dengan m-dinar kita bisa ngumpulin mulai 0,1 dinar atau sekarnag sekitar 180rban. Kalau mau rutin investasi perbulan dengan jumlah nilai investasi yang pas-pasan m-dinar ini bisa jadi pilihan.
Setelah setahun mulai pake m-dinar ini kok rasanya pengen diversifikasi ke LM yah. Soalnya si LM ini bentuknya lebih banyak diterima dimana-mana ga kayak dinar. Kalo dinar ga semua toko emas mau beli kalo kita jual. Jadilah mulai cari informasi tentang beli LM. Di beberapa agen dinar ada juga yang jual LM seperti di @salma_dinar. Berulang kali udah mau beli disana ternyata kok selalu gak jodoh, dari yang duitnya ga bisa ditransfer di hari yang sama lah atau stok yang dimau habiis. Akhirnya kemaren iseng2 masuk ke pegadaian di salah satu mall di bogor. Pegadaian ada di mall aja sekarang yah jadi lebih gampang deh. Tanya-tanya tentang LM ternyata bisa beli disana dengan dicicil selama minimal 3 bulan dan maksimal 18 bulan. Dan margin perbedaannya untuk cicilan dengan masa tertentu itu tidaklah terlalu besar. Yaa itung2 kita sewa safety box dan duitnya bisa diputer dulu selama waktu itu. (macam pebisnis aja bisa muter duit padahal mah tumplek di tabungan atau emang ga ada duit buat beli langsung emasnya :D). tentang beli emas di pegadaian ntar gw bikin tulisan sendiri yah 
Apa c perbedaan LM dan dinar?banyak yang nanya nih kalo gw cerita tentang investasi emas. Bahkan ada yang Tanya LM itu apa?:D . jadi kalo gw rangkum perbedaaanya itu sebgaai berikut
1. Bentuk fisik
Kalo LM atau logam mulia atau emas batangan itu bentuknya kayak batang (ya iyalah namanya juga emas batangan) dan beratnya bermacam-macam dari 1 gram sampai 1000gram. Makin kecil makin mahal harganya. kalo dinar dia berbentuk koin emas ada tulisan arabnya emasnya 4,25 gram. Kalo dinar ini biasnaya sertifikatnya warna hijau kalo LM itu sertifikatnya warna putih
2. Pasar
LM ini bisa didapatkan dimna aja selain di antam dan agen LM juga di toko emas banyak yang jual sementara dinar dia hanya bisa didapatkan di agen-agen tertentu dan ada komunitas tertentu yang saling jual beli dinar.
Jadi kerugian menggunakan dinar adalah kalo kita mau jual bisa jadi ga bisa jual di toko emas biasa karena ga semua toko emas mau terima dinar tapi kalo kita bisa jual ke komunitas pengguna dinar ga ke agennya kita bisa dapet harga lebih mahal. Biasanya margin harga jual dan beli itu sekitar 4% kalo kita jual ke pengguna dinar langsung kit abisa kasi margin 1% jadi mereka bisa beli 1% lebih murah dari harga jual di agen. Keuntungan dinar adalah harga patokannya seragam sama di semua agen. Kalo LM kita bisa beli dimana aja tapi tentunya harganya suka ga seragam jadi kita harus punya patokan harga hari itu jangan ampe jual terlalu murah kalo jual kemahalan c yah gak appa yah :)
3. Nilai gadai
Karena dinar ini dianggap perhiasan jadi nilai taksirnya lebih rendah dari LM. Kalo LM katanya bisa sampai 90% kalo dinar paling 70-80% aja.
Itu c kurang lebih perbedaannya tapi sebenernya mah sama aja kalo buat investasinya. Tinggal dinar hitunganya sama untuk tiap keeping kalo LM makin besar gramnya makin murah tapi makin susah jualnya Karen ga bisa dengan mudahnya dibagi. Katanya kalo mau enak invest LM itu yang beratnya sekitar 10 gram aja..tapi itu katanya c :D
Jadi menurut saya emas bisa dijadiin salah satu instrument investasi karena cukup menjanjikanlah dengan risiko lebih kecil dibanding diinvest ke reksadana atau saham. Risikonya paling risiko kehilangan aja jadi kalo kita bisa meminimalkan risiko kehilangan misalnya dengan sewa safety deposit box di bank insya Allah bisa merasakan manfaatnya investasi emas.tapi dengan investasi emas jangan mengharapkan kaya mendadak yah soalnya nilai investasinya paling 25% per tahun. jadi kalo mau invest untuk mendapat hasil yang sangat besar jangan pilih emas sebagai instrument investasi. Emas bisa jadi pilihan sebagai instrument untuk mempertahankan nilai uang kita.

You Might Also Like

5 comments

  1. Nice post. I was inspection continually this blog and I am fearful! Very useful information specially the last part Smile I care for such information much. I was looking for this scrupulous in order for a very long time. Thank you and best of luck.

    ReplyDelete
  2. Investasi emas.. g peduli harga emas naik ato turun.. investor/nasabah akan tetap menikmati bagi hasil fix tiap bulan.. jauh lebih tinggi drpd deposito :P
    1,5 - 5,4% /bulan NETT tanpa dipotong PAJAK!!!
    www.facebook.com/gtigold

    ReplyDelete
  3. This is an excellent post. Which I’m sure will help full for your blog. So I will keep coming back to read more to enhance my knowledge. Which I’m sure will help full for your blog.

    ReplyDelete
  4. Wow, great post and It shared my desirous data, what I was searching. thanks for sharing such useful information.

    ReplyDelete
  5. I came onto your blog while focusing just slightly submits. Nice strategy for next, I will be bookmarking at once seize your complete rises

    ReplyDelete