manajemen ASIperah (ASIP)

6:15 AM

buat ibu baru manajemen ASIP ini masih suka membingungkan gimana nyimpennya, gimana ngasinya alat yang dipakenya dan seterusnya dan seterusnya :) dishare aja pengalaman gw waktu masa asixclusif dengan pemberian ASIP saat ibunya jauh dari si baby.
peralatan apa saja yang diperlukan?
1. pompa
pomps ini bisa manual atau elektrik atau bisa juga ga make pompa langsung aja diperah pake tangan. nah tentang pompa ini tergantung selera dan budget jadi tiap ibu beda-beda kebutuhannya. waktu zaman hamil qila dulu baca review-review yang merekomendasikan medela elektrik. jadilah pas hamil dengan percaya diri sudah membeli medela elektrik. tapi kesini-sini banyak juga ibu yang merekomendasikan merk lain ada yang pake medela harmony, avent manual atau little giant electric (harganya cuma 130rb). 
berhuubung baru nyobain medeela minel jadi cuma bisa kasi riview si minel. menurut gw c pompa medeela yang ini cukup oke, cuma boros batere kalo ga nemu colokan. tiga kali perah bisa langsung abis batere energizer itu. truz baterenya musti energizer baru gabisa pake yang dicharge ulang ataupun merk lain kalo pake merk lain atau hasil charge ulang pasti kekuatan mompanya lemaah banget. kalo masalah nyaman ga nyaman menurut gw c cukup nyaman, ga terlalu sakit kok karena bisa diatur kecepatannya. 
tapi setelah belajar memerah dengan tangan ternyata lebih praktis perah pake tangan. asal udah tahu triknya memerah dengan tangan itu mudah dan ceepat kok ga musti steriln pompanya cukup cuci tangan yang bersih. dulu belajar perah pake tangan triknya adalah dengan mencari LDRnya jadi diujung sebelum niple itu pencet2 ampe ketemu pancaran yang paling deras. setelah bisa merah pake tangan kayaknya pengosongan tetikadi itu lebih bagus dibanding dengan pompa minel itu. tapi kalo lagi kenceng2nya lebih enak dengan pompa karena kalo pake tangan agak susah cari pancarannya yang pas. jadi kalo lagi kencang pake pompa dulu baru diperah dengan tangan ampe kosong
2. botol penyimpan ASIP
botol penyimpan asi khususnya buat di freezer itu gw pake botol kaca. persiapan sebelum melahirkan udah beli botol penyimpan asi dari onlineshop. beli 20 pcs dengan tutup karet setelah 3 bulan qila lahir merasa botolnya kurang beli lagi botol di pramuka yaitu botol obat kapasitas 100cc dengan tutup popup dan tutup ulir harganya cuma 1000/pcs kayaknya. 
ada yang bilang kalo beli dipramuka takutnya kotor dan ga steril, oleh akrena itu tentunya emang perlu disterilkan yah. kalo mau yakin pake air mendidih direbus selama 10 menit dan semua botol musti terendam sempurna.selain botol bisa juga pake kantong penyimpanan asi. bisa beli di babyshop atau di olshp.
3. alat pemberian ASIP
sebenernya palin bener ngasi ASIP pake gelas, spuit, atau sendok, tapi berhubung dulu belum tahuu bener jadinya pake dot :( tapi jangan ditiru soalnya bisa bikin bingung puting. dan namanya bingung puting bukan cuma si baby ga mau mimi langsung dari ibunya tapi bisa juga produksi asi yang berkurang karena latch on baby yang berubah. jadi emang perlu banget diajarin minum asiP pake alat bantu selain dot. emang awal2 bakal susah tumpah2 tapi lama kelamaan kalo udh jago pasti bisa (ini kata yang berpengalaman yah kalo emak gw kayaknya ga sabaran kalo pake dot jadi nanti pilihannya antara spuit atau gelas)
4. ketahanan penyimpanan ASIP
ASIP ini kalo ditaro di suhu ruang bisa tahan 4-8 jam jadi musti pinter2 liat ada perubahan di asinya untuk memastikan ASIP masih bisa dikasi ke baby atau gak
kalo di taro di kulkas bukan freezer ASIP bisa bertahan 24-48 jam
kalo di taro di freezer khusus bisa tahan 6-8 bulan, kalo freezernya pada kulkas 1 pintu ketahannya hanya 2 minggu. sebisa mungkin ASIP disimpan terpisah dari bahan makanan lain di freezer jadi jangan dicamur ma ikan, aatau makanan beku lain. buat jaga-jaga mati listrtik di freezer itu si asip dikelilingi deengan es batu atau blue ice and saat ati listrik si freezer jangan dibuka. kalo sampe mencair karena mai listrik kelamaan cecpet2 diaksi ke baby maks 72 jam setelhanya.
5. cara menggunakan
cara menggunakan asip yang disimpan di suhu ruang bisa lansung diberikan ke baby atau dihangatkan.
kalo ditaro di freezer sebaiknya ditaro dulu ke kulkas bukan reezer sampe mencair baru dihangatkan.
cara menghangatkannya buakn denegan merebus tapi denegan merendamnya di air panas atau dengan warmer.

ga sulit kan sebenernya buat persiapan ASIP tinggal semangat dan yakin aja semua ibu Insya Allah bisa :)



You Might Also Like

0 comments