Adek hiperbilirubin

3:28 AM

Gimana rasanya kalo ibu yang baru melahirkan harus dipisah sama bayinya?nah ternyata aku ngalamin juga dipisahin dari eisha pas eisha umur 7 hari. Jadi pas pulang dari rumah sakit, eisha umurnya 4 hari kalo ga salah dokternya bilang eisha agak kuning tapi gak papa pulang aja yang penting banyak minum dan dijemur, ga dicek tuh bilirubinnya. karena asi udah mulai banyak aku pede aja donk pulang dan berusaha jemur tiap pagi, walopun matahari nogolnya males2an karena musim ujan. tapi ternyata asi yang banyak ga ada artinya kalo bayinya males minum. pas hari kelima aku dah curiga, kok matanya keliatan kuning agak susah keliatan c soalnya adeknya banyakan meremnya. selama di rumah emang aku ngerasa adek kok males-malesan minumnya ga kayak teteh qila dulu pas bayi, cuma aku masih pede. 
pas hari ketujuh emang jadwalnya kontrol ke dsa. aku makin ngeliat loh kok adek makin kuning yah, tapi masih berpikir ini kuning fisiologis masih dalam batas normal. cuma dokternya minta dicek dulu bilirubinnya, kalo di atas 12 sebaiknya disinar aja. aku udah deg-degan :( pas diambil darah susah pula ngambilnya karena diambilnya dari pembuluh vena di cubiti (siku), adek nangis2 keras ampe kasian, aku ampe ikutan nangis deh kalo udha kayak gitu dan ternyata emang si adek makin males minum. pas hasilnya keluar ternyata bilirubinnya 16. sedih banget akhirnya harus menyerahkan adek ke kamar perawatan bayi di RS untuk blue light therapy. 
aku sempet bingung pas memutuskan untuk bluelight therapy apa enggak, pas kontrol itu gak bareng ayahnya pula walaupun ayah pasti nyerahin keputusan ke bunda juga. sempet baca bahwa blue light therapy baru diperlukan bila kadar bilirubin di atas 17 bila bayi usia lbh dr 7 hari, sempet tanya ke dsanya ttg ini, tp dia blg ga dia menegaskan kadar di atas 12 hrs start bue light therapy. trus konsul dengan teman-teman sejawat dan jawaban yang paling kena adalah jawaban bahwa di nelson (buku dewanya para dsa) dinyatakan bahwa kita tidak pernah tahu pasti kadar bilirubin seorang bayi yang dapat menyebabkan kernikterus (bilirubinnya masuk ke otak) dari jawaban itulah aku langsung memutuskan oke adek harus di blue light therapy. 
persoalan berikutnya adalah asupan asi buat adek, untunglah aku udah mulai nabung asi, udah ada 6 botol asi @60 cc di kulkas jadi lumayan buat bekal, dan aku bertekad adek harus ttp asi jangan ampe kena sufor, jadilah tiap 3 jam aku pompa dan alhamdulillah ternyata asinya udah lumayan, tiap mompa dapetlah min 30 cc malah tetep surplus buat tabungan asi
sedih yah harus pisah bobo sama adek, aku nangis pas nelpon ayah ngabarin adek harus dirawat. mana bb lowbat pula :( untunglah blue light therapynya cukup 1 hari saja, adek minumnya banyak selama therapy dan pas besoknya dicek kadar bilirubin udah dibawah 12 jadi adek dah boleh pulang :) baru sehari aja udah sedih, gimana kaloe lebih lama yah. pas aku lagi nyusuin adek langsung ketemu bu lain yang anaknya di bluelight therapy juga dan katanya udah hari kelima. pasti dia lebih sedih dari aku yah..ternyata memang kita musti selalu bersyukur karena seburuk apapun keadaan kita ada orang lain yang keadaaannya lebih buruk
Alhamdulillah adek cuma perlu satu hari nginep di rumah sakitnya, sekarang udah hampir 2 bulan adek sehat, beratnya udah lebih dari 6 kg kayaknya. nanti ke dokter lagi buat imunisasi. mudah-mudahan adek sehat truz jangan ampe sakit yah dek



You Might Also Like

4 comments

  1. kita tau gimana sedihnya harus pisah lagi ama bayi karena harus disinar... :(

    dulu andrew pas bayi juga kejadian soalnya. bilirubinnya 18. sedih banget emang ya....

    moga2 sehat terus ya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sedih yah kalo anak sakit apalagi harus masuk RS
      semoga anak-anak kita sehat trus deh

      Delete
  2. sedih banget bacanya :(
    aku bisa ngebayangin deh mbak rasanya gimana.. aku dulu juga pisah sama Zua karena dia diare hebat gitu..

    duh semoga adek sehat-sehat terus yaa...

    eh blognya aku link loh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda zua..sedih yah..
      semoga anak-anak kita sehat terus yah..
      oke aku link juga yah :)

      Delete