Toilet Training Qila

4:01 PM


Sebulan lagi qila akan berulang tahun yang ketiga. Nah salah satu PR besar yang belum bundanya kerjakan adalah toilet training. Alasannya adalah bundanya ga punya waktu libur. Berhubung di rumah ga ada pembantu dan yang jagain qila itu nenek and tantenya yang tentunya tambah repot dengan adek jadi sulit memantau qila buat toilet training jadi deh toilet trainingnya tertunda-tunda nunggu bunda libur. Sempet sih libur panjang tapi qilanya di bawa ayahnya ke rumah nini nya dan setelah dua kali pipis di celana nininya menyerah juga makein pospak lagi.

Toilet training ini sebenernya udah dimulai pas usia 1 tahun tapi gak konsisten (*malu deh bundanya maaf yah nak bundanya ga konsisten ngajarinnya L *) kalo pup qila udah selalu pup di toilet sejak umur 18 bulanan tapi urusan pipis ini susahnya yah..

Nah berhubung sebentar lagi mau ulang tahun, bunda sudah sounding tentang toilet training ini ke qila. Soundingnya “Nanti ulang tahun bunda kasi hadiah sepeda princess tapi teteh harus udah gak pake pampersnya dan pipis di kamar mandi”  atau ayahnya yang bilang “ih, teteh malu donk udah besar masih pake pampers”. Walalupun dipakein pampers bunda tetep bilang “teteh kalo mau pipis di kamar mandi yah” tentu saja dijawab mantap “iya bunda” tapi kenyataannya dia bilang mau pipis tapi ternyata udah pipis di pampers. Sempet juga sih ditawarin ga usah pake pampers yah, ealah kalo anak lain malah seneng ga pake pampers anak ini malah nangis mau pake pampers alasannya nanti kalo teteh pipis kan basah (*tepok jidat*).

Akhirnya dengan niat kuat (eh sebelumnya juga niat sih tapi ada aja penghalangnya) dimulailah lepas pospak pas longweekend kemarin. Orang-orang mah longweekend sibuk liburan saya mah sibuk toilet training.  Dan ternyata ga sesulit sebelumnya loh. Mungkin emang udah saatnya aja yah.

Dimulai hari kamis bundanya udah bilang teteh hari ini ga pake pampers yah dan anaknya pun mengiyakan. Namapun hari pertama yah jadi masih adaptasi dan sukses pipis di celana truz. Tiap ditawarin pipis gak mau. Malem pertama itu dia tidur taunya ga pake pampers, tapi karena bundanya parno takut ngompol jadi saat tidur dia dipakein pospak. Pas dicek paginya pospaknya kering loh. Langsung diajak pipis deh paginya.

Nah ternyata pas hari kedua kemajuannya banyak sekali karena pipis di celananya cuma satu kali. Bundanya ngingetin buat pipis terus. Dan hari ketiga dengan bangganya qila sukses ga pipis di celana. Bahkan kita pergi keluar tanpa pospak loh. Ih bundanya bangga yah hehehehe

Sekarang udah lebih dari seminggu dan jarang sekali kejadian lagi pipis di celana. Mudah-mudahan seterusnya yah nak. Tapi ini masih PR sih karena dia belum bisa ngaku mau pipis dan segera ke kamar mandi tapi harus selalu diingetin untuk ke kamar mandi buat pipis kalo jawabnya gak mau disuruh jongkok dulu di kamar mandi kalo ga ada pipisnya berarti emang ga mau pipis. Seringnya sih kalo disuruh pipis beneran pipis. Apalagi kalo baru bangun tidur harus langsung pipis dan Alhamdulillah dia selalu nurut J

Bolehlah yah berbangga hati walaupun mungkin nanti ada kejadian tidak terduga (baca pipis di celana lagi) berkaca pada kakak sepupunya yg masih suka kecelakaan pipis di celana 1-2 kali tapi sangat jarang yah. Mudah-mudahan sih teteh qila udah pinter ga akan pipis di celana  lagi kayak adek bayi yah J


You Might Also Like

0 comments