Catatan ayah untuk Eisha

3:34 AM

waktu qila lahir, bunda minta ayah buat nulisin tentang kelahiran qila. ternyata ayah biki notes yang bikin mata bunda berkaca-kaca saat membacanya..
nah pas adek lahir karena ayah sakit dan mungkin ribet sana sini, bunda pun ga minta ayah nulis apa-apa. tapi pernah beberapa kali ayah bilang mau nulis notes tetang kelahiran eisha. ternyata hari ini dia tulis di facebook..bacanya bikin berebes mili...semoga semua doa ayah terkabul yah..amiiin


ini notesnya :

Dear  Eisha,
ga kerasa udah hampir 5 bulan kamu mengisi hari hari ayah, tapi ayah belum sempat juga menuliskan tulisan ini untuk kmu. Dulu untuk teteh kamu aqila, ayah sudah langsung bisa buat tulisan kelahiran teteh kamu cepet2. Maaf yah sayang..
Bukan karena ayah ga sayang kamu, atau karena ayah terlalu sibuk kerja sayang.. engga bukan karena itu. Dari sebelum kamu lahir sampai hari ini,  Allah SWT lagi sayang banget sama ayah, ayah dikasih penyakit psoriasis, penyakit autoimun yang diturnkan secara genetic dan penyebab trigger dan penyembuhannya sampai sekarang belum ada.
penyakit ini terus2an flare up hampir ke seluruh tubuh ayah, tiap malam kulit ayah jatuh berserakan, kadang ayah tidak tidur hanya untuk meyakinkan bahwa guguran kulit ayah tidak akan kena ke kamu, qila dan bunda  de…. Seringkali ayah menatap kamu dan teteh kamu hanya untuk memanjatkan doa… biarkan ayah saja yang terkena penyakit ini, biarkan ayah saja yang harus hidup dengan merasakan bahwa orang2 memandang jijik dengan penyakit ayah ini. Dan memohon kepadaNya agar guguran kulit kulit ayah melambangkan gugurnya dosa2 ayah dan dosa2 kalian nantinya.
Eisha, dalam kondisi penyakit ayah yang flare up, banyak hal yang ayah dapatkan, salah satunya adalah Allah SWT masih sayang ma ayah de, dalam kondisi sakit Allah SWT menunjukan ke ayah betapa ayah dikelilingi oleh manusia2 berhati emas, orang orang yang sangat sangat baik, dari mulai aki-nini kamu, kakek nenek kamu, om dan tante kamu, temen2 ayah, bahkan dari rekan kantor ayah, pimpinan diknator ayah semuanya memberikan support ke ayah untuk bisa survive dari ini. Semoga mereka semua selalu mendapatkan kesehatan dan kesuksesan dariMU ya Allah Ya Rabb….
Eisha, kamu lahir tanggal 9 desember 2011, jam 10an,  dengan berat 3600 gram dan panjang 48 cm, mata kamu sipit, muka kamu chubby… dan waktu kamu dibawa oleh ibu dokter anastesi ke pelukan ayah.. duuuhhh bergetar seluruh badan ayah, tangis tak kuasa ayah bendung, dan gatal panas di seluruh badan ayah mendadak hilang tertelan kenikmatan menggendong dan memeluk kamu. Ketika ayah ucapkan assalamualaikum ditelingamu, dan kumandangkan adzan, titik titik airmata ayah jatuh menimpa pipimu yang chubby, dan kamu pun menangis… ayah dekap kamu dan teruskan dengan qomat dan doa kepadaNya… dan kamu berhenti memandang ayah dan tersenyum… tak ada lagi yang ayah inginkan dari momen hebat itu. Ya Allah yang maha suci.. maha besar Engkau.. engkau berikan aku kepercayaan untuk mendidik anak ini supaya menjadi anak yang solehah… tuntunlah aku ya Allah, tunjukanlah jalanMu yang benar untuk mengasuhnya agar kelak besar nanti ia menjadi orang yang berguna bagi dirinya, agamanya, bangsa dan negaranya… saat itu pula ayah terbersit kata AZANI.. iya azani.. nama kamu azani pembawa kabar baik.. yang dilahirkan diiringi azan sholat jumat… ayah akan proposed nama ini ke bunda kamu yah…
Eisha cantik, sejak bunda mengandung kamu. Ayah akui ayah kurang perhatian ke bunda kamu sehingga mungkin hal ini yang menyebabkan bunda kamu sangat khawatir bunda ga bisa survive dalam proses persalinan kamu. Tiap hari bunda selalu bilang kalau nanti bunda ga survive, dan sellau minta ayah Menuhin keinginan bunda untuk ajak jalan2 teteh qila ke tempat2 yang bunda udah rencanain, dan selalu bilang ke teth kamu.. gimana aqila.. seneng ga bunda ajak kesini..? nanti kalo dede udah lahir teteh yang ajak jalan jalan yah… :D. Alhamdulillah ternyata kekhawtiran bunda ga terbukti, bunda bisa survive ngelahirin kamu
Tanggal 11 desember, ayah dan bunda kamu mulai bicara soal nama kamu, ayah bilang ayah pengen nama kamu AZANI, tapi bunda bilang itu kan nama cowok yah.. biarin aja pokoknya azani deh bun.. kata ayah, akhirya bunda kamu bilang ya udah deh yah azani tapi tambahin yah belakangnya dari kata aleisha (kata dari bahasa arab yang artinya kebenaran atau kata yunnai Alisha yang artinya jug a sama). Jadi sepakat deh ayah ma bunda namain kamu AZANILEISHA dengan panggilan kamu nantinya eisha.. (tapi sekarang teteh kamu ngotot pengen kamu dipanggil leisha.. ). Dua kata berikutnya baru ketemu tanggal 12 desember yaitu QUEENNAYA GARNIKA.  
AZANILEISHA, merupakan gabungan dua kata AZANI DAN ALEISHA... AZANI artinya kumandang azan, kumandang untuk mengajak kita malkukan sholat yang merupkan tiangnya agama, Aleiha artinya noble atau kebenaran jadi AZANILEISHA adalah doa ayah dan bunda semoga dede jadi pembawa kabar kebenaran dan kebaikan.
QUENNAYA, merupakan gabungan dari kata QUeEN, resNA, dan sunjaYA artinya putri/ratu dari resna dan sunjaya.
GARNIKA, merupakan gabungan dari kata GARNet, kustiNI, dan murtiKA. Garnet merupakan batu mulia yang dulu pernah ayah cari waktu mahasiswa di Bayat, Klaten dan Karangsambung, Kebumen (tempat latihannya para geologist dari YOgya dan Bandung), dan ternyata juga merupakan batu mulia kelahiran ayah dan bunda. Garnet juga berarti permata atau batu mulia, sedangkan Kustini dan Murtika merupakan kedua nenek kamu.sehingga artinya Permata dari kedua nenek yang sejak lama ayah dan bunda cari.
karena ayah sadar ayah tidak terlalu bagus membaca alquran ayah pengen kamu fasih seperti bunda kamu makanya arti dari nama kamu dibacanya dari kiri ke kanan supaya kamu terbiasa nantinya membaca Alquran, sehingga arti nama kamu adalah :
Permata hati nenek kustini dan murtika, putri Resna dan Sunjaya yang mengajak orang untuk berbuat kebaikan.... amien.
Banyak hal yang ga bisa ayah tulis disini de, ayah hanya bisa bilang I luv u … dan Allah SWT akan selalu sayang pada umatNya….


You Might Also Like

4 comments

  1. so sweet... notes nya harus disimpen sampe eisha gede nanti... :)

    moga2 ayahnya bisa cepet sembuh ya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks arman
      iya pasti disimpen nih notesnya

      Delete
  2. cepet sembuh ya pak.. dan adek eisha imut banget
    jadi kangen bapak saya

    ReplyDelete