Kidzania

4:13 AM

Mengisi liburan kayaknya banyak banget rencana buat ngajak qila menikmati liburan sekaligus juga ngajak sepupu-sepupu kecil buat liburan. Nah minggu lalu dengan rencana singkat akhirnya pergi ke kidzania. Tadinya cuma mau pergi berdua qila tapi untungnya ngajak sepupu aku buat ikut karena ternyata mereka yang lebih menikmati main di kidzania. Buat qila karena baru 3 tahun dan tingginya belum cukup untuk ikut banyak permaianan di sana jadi dia cuma bisa main di 5 permainan aja kalo anak yang lebih besar mereka bisa menikmati lebih banyak permainan.

Masa liburan gini kidzania cuma buka dua sesi per sesinya 5 jam. Sesi pertama buka jam 9 sesi berikutnya buka jam 14. Karena namapun liburan harga tiketnyapun jadi beda sama hari biasa kalo anak 2-3 tahun @Rp 100.000 ,4-16 tahun @Rp 165000 dan pengantar (>17 thn) @ Rp 165000.

Kita berangkat ber 9 dari bogor bareng sama ayahnya qila yang mau ngantor. Drop ayah di kantornya truz lanjut ke pacific place. Sampe pacific place sekitar 08.30 dan di lobi sudah agak rame walaupun masih gelap karena toko-toko di bawah masih pada tutup dan ternyata pas sampe lantai enam di bagian departurenya sudah cukup rame padahal tadinya ngira kita kepagian dan kayaknya kalo sesi pagi lebih sepi dari sesi siang.
'
Konsep kidzania, di bagian kasir dan lobi awal itu adalah tempat check in seperti di airport. dan sponsornya airasia. Jadi bagian beli tiketnya itu seperti bagian kita check in pesawat truz setelah itu lanjut masuk ke lorong pintu masuknya kidzania dan di dalamnya barulah berbagai pilihan simulasi profesi bisa dipilih sama pengunjung anak.
di tempat check in masing-masing diberi gelang sesuai umurnya kalo umur 2-3 tahun gelangnya hijau dengan tanda hijau juga, kalo yang 4-16 tahun gelangnya hijau tandanya biru nah pengantarpun gelangnya hijau tanda hijau seperti anak 2-3 tahun. Lalu yang berumur 4-16 tahun mendapat cek senilai 50 kidzos. kidzos itu mata uangnya kidzania.

Begitu masuk anak-anak masih bingung mau ngapain, ternyata di dalam permainannya belum dibuka. nah pas jam 9 teng permainannya mulai dibuka dan ternyata pembukaannya seru karena mas-mas dan mba-mbak pemandu tiap permainan itu nari-nari dan nyanyi themesongnya kidzania. Ini agak bikin kaget qila karena nari dan nyanyinya tiba-tiba tapi setelahnya qila malah enjoy and suka ma lagunya :)


Di dalam kidzania ada macem-macem permainan profesi dengan sepertinya sponsor masing-masing. misalnya nih kalo profesi pemadam kebakaran sponsornya asuransi ACA, rumah sakit dari pocari sweat, suster dari pigeon, dentist dari pepsodent, dan begitupun permainan lain. Nah Kidzania ini ibaratnya sebuah negara dengan mata uangnya kidzos, setiap orang punya uang untuk makan dan minum dan kalo mau nambah uang harus kerja. Dari bekerja nanti anak-anak akan mendapatkan uang kidzos tambahan yang bisa ditabung atau dibelikan makanan.
ngantri di bank :)

Jadi begitu masuk sebaiknya anak langsung menuju boothnya bank BCA untuk menguangkan ceknya. Di bank BCA ini nanti anak juga bisa menabungkan uangnya dan akan mendapatkan satu kartu atm bca. Uang minimal untuk buka tabungan adalah 30 kidzos. Nanti uangnya bisa diambil di atm bca yang ada di kidzania selama sesi permainan berlangsung, begitu sesi selesai uangnya udah ga bisa diambil lagi.

Kalo untuk anak seumur qila cuma bisa ikut profesi bikin teh botol dan coklat silverqueen truz permainan nyusun puzzle dan naik bus. Abis bikin teh botol dan coklat, dapet gaji masing-masing 5 kidzos sementara kalo nyusun puzzle dapet 20 kidzos. Untuk naik bus yang seumur qila masih gratis sementara alo anak besar kena 5 kidzos. Untuk naik bus kita musti nunggu di haltenya dan nanti akan berkeliling kidzania bersama bus tersebut.
bikin teh botol

Setiap permainan itu ada pemandu profesinya, truz setiap anak dikasi penjelasan tentang profesi itu baru dilakukan simulasi. Menurutku area permainannya dibagi dua zona yaitu zona di bawah mostly untuk profesi jasa sedangkan di area atas permainan untuk membuat produk tertentu, misalnya teh botol, coklat silverqueen, buku sinar dunia, nugget bellfood, stimuno, salonpas dll. Jadi kalo area atas kebanyakan selain dapet gaji juga dapet produknya, kalo area bawah kebanyakan hanya dapat gaji.
Area permainan paling rame itu kayaknya dokter, pemadam, pilot, artis atau polisi cita-cita kebanyakan anak kayaknya yah. setiap sesi permainan berlangsung sekitar 20-25 menit. Anak-anak melakukan simulasi profesi tersebut truz dapet gaji, ada juga yang dapat sertifikat, ada yang dapat makanan ada juga yang dapet produk mininya untuk dibawa pulang. Karena musim liburan ternyata rame sekali jadi tiap permainan antrinya bisa 20 menit sendiri. jadi 5 jam disana rata-rata paling dapet 7 permaianan.

Yang lucu itu salah satunya adalah pas salah satu sepupuku mau ikut balapan mobil, prosedurnya udah kayak beneran aja. Jadi tiap mau balapan itu musti udah punya SIM. Nah yang mau bikin SIM musti bikin surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit. Selain keterangan sehat nanti mereka akan diajarin di driving school dan baru deh dapet SIM :) kepikiran yah prosedurnya musti begitu :D

permainan lain yang diikuti itu masuk ke metronews, disini anak2 disimulais jadi pembaca perita/pembawa acara di metronews. waktu anak-anak dibriefing sebelum tampil aku and anak-anak kecil yang ga ikutan juga numpang mejeng dulu hahahaha. Ada juga yang masuk bogasari baking centre diajarin bikin kue truz hasilnya dapet kidzos dan cookies, yang di pemadam juga seru yah jadi pemadam kebakaran truz naik mobil pemadam dan menangani kebakaran, ada juga yang jadi penyiar radio, ada yang bikin burger dan dapet burgernya, bikin handuk terry palmer dan dapet handuk mini, truz masuk ke pembuatan buku sidu, sari roti.

Di dalam kidzania itu udah cukup lengkap ada baby's room, mushola, toilet yang nyaman, tempat makan. Sempet beli pizzanya yang ternyata enaak (apa karena laper yah?) ampe qila aja abis 4 potong. hehehhe. 

Pas pulang anak-anak itu super excited dan cerita dengan semangat. Jadi gak nyesel ngajak mereka ke kidzania. Lain kali musti kesana lagi. Apalagi kalo qila udah umur 5 atau 6 tahun dia pasti bakal lebih seneng.


You Might Also Like

1 comments

  1. liburan anak2 kayaknya kidzania rame ya.. belakangan ini di blog2 banyak yang cerita tentang kidzania. hehee.
    tapi emang kidzania itu bagus banget sih ya baut anak2...

    ReplyDelete