Happy Psoriasis Day

3:34 AM

image taken from here
Tanggal 29 Oktober kemaren ini adalah Psoriasis Day. 2 tahun belakangan ini lebih aware sama psoriasis day karena ayahnya qila-eisha adalah salah satu penderitanya. Ayah baru terkena psoriasis luas sejak dua tahun lalu. Sebelumnya memang sempet ada bercak kulit bersisik-sisik di tangannya tapi karena waktu itu mengira itu hanya lesi kulit biasa jadi dibiarin dan ga pernah mengira kalo bercak itu meluas hampir ke seluruh badan.

Mungkin kebanyakan orang belum tahu apa itu Psoriasis. Tiap kali suamiku bilang bahwa dia sakit psoriasis pasti kebanyakan orang mengernyitkan dahi dan bertanya penyakit apakah itu? Dibahas dikit deh disini yah biar bertambah pengetahuan tentang penyakitnya :) 

Jadi psoriasis itu merupakan salah satu penyakit autoimun. Autoimun itu apa, yaitu penyakit dimana sel imun seseorang menjadi abnormal dan menyerang sel imun pasien itu sendiri. Kalo kata suamiku sel imunnya kebanyakan hehehehe. Ya bener juga c jadi lebih banyak tapi jadinya bukan memperkuat tubuh tapi nyerang sel tubuh itu sendiri. Nah di psoriasis akibat autoimun ini manifestasinya terjadi di kulit. Kulit orang normal yang berganti tiap 3-4 minggu sekali, di psoriasis dia berganti jadi tiap 24-48 jam sekali. Akibatnya kulit penderita psoriasis akhirnya bertumpuk-tumpuk dan membentuk sisik karena turn over yang lebih cepat dari orang normal. Selain bersisik juga bisa memerah karena adanya proses peradangan di kulit plus ditambah garukan dari penderita bertambahlah masalah kulitnya.
Thats happen in my husband.

Pertama kali tahu ayah kena psoriasis, tentunya ngerasa sedih dan ada periode bertanya-tanya kenapa musti terjadi sama ayah. Tapi seiring berjalan waktu dan gak berasa sudah berlalu lebih dari 2 tahun, yang ada sekarang malah perasaan bersyukur karena walaupun ayah "menderita" kulitnya harus memerah, musti oles2 pelembab terus, minum obat truz tapi setidaknya sejak kena psoriasis ayah jadi lebih meluangkan waktu di rumah, bahkan saat ayah musti istirahat di rumah hampir 1 bulan ayah jadi lebih deket sama qila, tahu kecerewetan qila, tahu cara buat susunya qila hehehe dan itu mungkin ga akan terjadi kalo ayah ga kena psoriasis. 

Di psoriasis day tahun ini cuma pengen supaya lebih banyak orang tahu tentang psoriasis. Semakin banyak orang yang akhirnya ketahuan menderita psoriasis. Dan harus seumur hidup bertoleransi dengan penyakit ini. Penampakan dari penyakit psoriasis yang lagi kambuh emang terlihat agak menjijikan dan mungkin bikin orang menjauhi penderita psoriasis karena takut tertular, padahal PSORIASIS TIDAK MENULAR.

Saat ini sudah ada 125juta penderita psoriasis yang sudah diketahui di dunia dan mungkin ada lebih banyak lagi yang tidak terdiagnosa karena ketidaktahuan mereka apa itu psoriasis. Dengan missdiagnosis psoriasis bisa menimbulkan permasalahan kesehatan lain pada penderita karena orang dnegan psoriasis berisiko lebih tinggi kena sindrom metabolik dan berisiko lebih tinggi kena serang jantung atau stroke yang bisa menimbulkan kematian. Jadi penanganan dini psoriasis akan mencegah kematian akibat penyakit kardiovaskuler sehingga lebih banyak orang yang kualitas hidupnya lebih baik.

seperti ditulis di psorindonesia.blogspot (webny psoriasis indonesia) :
Kami tidak menikmati keadaan kulit berpsoriasis.
Tapi kami harus menjalani keseharian kami dengan psoriasis.
Sedikit saja pengertian Anda merupakan karunia untuk hati kami.


You Might Also Like

3 comments

  1. eh baru weekend kemaren ketemua cousinnya esther yang juga kena psoriasis. tapi dia di sebagian tangan dan jari aja...

    jadi sebenernya kalo pake obat bisa sembuh total gak?

    ReplyDelete
  2. arman : psoriasis bisa dibilang ga bisa sembuh tapi bisa dikontrol. Nah dikontrolnya itu bisa dengan obat atau hanya perlu changing lifestyle dan menghindari pencetusnya

    ReplyDelete
  3. gw udah berapa kali baca soal suami lo. Tapi keren ya na lo masih bisa mikir untungnya Ujay jadi lebih deket sama anak-anak.

    Insya Allah tetep bisa berkarya *ceilah,,,,

    mudah2an sabar dan syemangka

    ReplyDelete