I Love Baking

12:33 AM

Dua hari lalu pas baca blognya Meta, ternyata dia bikin giveaway yang hadiahnya peralatan baking. Langsung semangat ikutan deh. Walalupun di rumah udah ada cup and spoon measurer itu tapi liat hadiah versi meta ngiler juga pengeeen, dan makin tertarik karena ada cookie cutternya juga :)

Cara ikutan giveawaynya adalah nulis akun twitter kita truz jawab pertanyaan kenapa suka baking and resep favorit untuk baking apa. Well jadi sekalian inget mau nulis kenapa suka baking jadi sekaliah deh bikin di postingan ini.

Dari jaman dahulu kala aku emang suka masak, suka ngotak-ngatik dapur suka makan dan suka bikin makanan. Sejak jaman SD juga suka bikin kue,. Dulu pas SD inget pernah main-main atau bahasa sekarang playdate ke rumah temen gitu janjian mau bikin bolu kukus. Truz kayaknya dulu belum ada baking powder bubuk kali yah jadi bikin bolu kukusnya pake air soda dan bikin adonan sebaskom besar, dan semangat bahkan punya bolu kukus yang mekar buat dibawa besok ke sekolah. Tapii ternyata adonan sebaskom besar itu gagal semua, ga ada satupun bolu kukusnya yang ketawa alias mekar ..hehehehe..kecewa deh tapi tetep hasil kuenya dibawa ke sekolah besokannya dikasi liat ke pak guru dan teman-teman yang lain.

Truz zaman SMP lupa deh suka bikin kue apa ga, kayaknya kalopun bikin paling bikin kue kering kalo mau lebaran. Yang paling diinget sih pas zaman SMA suka baking juga, resep andalan adalah brownies panggang yang suka dulu hubby (waktu masih jadi temen deket :)) suka minta dibikinin. Dulu apal tuh resepnya tapi sekarang lupa sama sekali itu resepnya. Itu brownies kue yang selalu berhasil dibikin sejak pertama nyoba resepnya, pas SMA juga inget bikinin temen kue ultah pake tepung pondant yang sponge vanila dan truz dihias pake whipped cream bubuknya ditabur keju, kasi strawbery dan dilapis agar bening, dan senangnya temen bilang enak.

Zaman kuliah karena ngekos jadi jarang banget baking soalnya di kosan ga ada oven, ya kali masa maubikin kue di kos-an. Kayakny ga ada memori pas kuliah suka baking yah, ya sibuk juga ma urusan kuliah gitu pulang ke rumah paling weekend juga udah sibuk sama keluarga atau temen SMA.

Nah kesukaan buat baking baru mulai lebih terasa setelah nikah dan punya anak. Rela beli mikser baru pas baru satu tahun nikah soalnya miksernya mama di rumah udah rusak. Hobbi blogwalking yang akhirnya suka mampir di bloggernya para ibu-ibu pencinta baking makin bikin hobi ini menjadi-jadi. Seneng liat para food blogger itu berhasil bikin kue sendiri atau sharring hasil ekperimen mereka dan bikin gw makin pengen bikin ini iu.  Belum lagi ditambah godaan twitter ibu-ibu yang suka posting keberhasilannya baking kue di twitter, jadi ngiler kaan. Kalo bisa beli yah masih bisa beli, kalo ga ada mau ga mau harus baking sendiri deh. Lah ini doyan makan apa doyan baking c?

Sejak setahun belakangan ini baru sadar sebenernya baking itu salah satu terapi stress loh. Kalo lagi kesel sama orang truz bikin kue kayaknya langsung lupa loh keselnya :)) truz karena seneng baking ini gw jadi suka bikinin sepupu-sepupu kecil kue ulang tahun tiap mereka ulang tahun. Alasannya karena gw aja seneng kalo dibawain kue pas ulang tahun, tentu mereka juga seneng kalo gw bawain kue. Tapi ternyata karena agak seringnya gw bikin kue, mereka juga sempet bosen sama kue-kue itu tapi satu yang ga bikin bosen kalo kuenya rasa coklat. Karena kemamuan hias-menghias kue belum cukup oke mungkin juga salah satu alasan kuenya jadi gak menarik huehehehehe

Pas Anniversary tahun ini aku lebih milih dihadiahin suami mikser kitchen aid dibanding iphone karena memang ngiler liat mikser itu untuk mendukung hobby perbakingan. Dan cita-cita mau bikin roti tiap hari buat suami dan anak-anak mudah-mudahan bisa terwujud dengan bantuan si mikser tapi sayang sampe sekarang malah makin jarang nyoba bikin rotinya :))

Dari pengalaman baking ini ada 3 resep favorit yang suka dibuat, yaitu :
1. Brownies kukus ny liem
Kalo kue yang dikukus biasanya emang lebih anti gagal dibanding dengan dipanggang dan resep brownies ini walaupun bikinnya sedikit ribet tapi pasti berhasil, kalopun gak yah pasti tetep enak soalnya coklatnya udah pasti enak deh
2. Red velvetnya divascancook
Nah waktu zaman red velvet cake ngehitz, sempet cari2 dan coba-coba resep rvc sampe akhirnya nemu resep ini. Resepnya mudah dan cakenya moist plus rasanya enak. Tapi aku belum berhasil bikin yang versi red velvet cake karena selalu nempel di loyang ga bisa dibalik padahal kuenya enak, kal yang cupcake c udah pasti berhaisl soalnya ga dilepas dair loyangnya.
3. Sponge cake 3 telur --> lupa resepnya diambil dari web siapa
Nah baru seneng sama spongecake sebulan belakangan kayaknya. Dulu pernah nyoba bikin dan berhasil tapi truz ga pernah bikin lagi. Baru sebulan ini nyoba spongecake coklat sama spongecake orang. Yang coklat bikinnya pake coklat hersey dilelehkan dan berhasil bikin kue yagn lembut, wangi dan enak dan kuenya langsung habis ga lama setelah dipanggang :)) Resep ini agak lebih ribet karena musti bikin dua adonan telur, yang putih telur dikocok sampe fluffy truz yang kuningtelur diaduk sama bahan-bahan lain baru dua-duanya dicampur.

Semua resep itu udah di tulis di blog supaya banyak orang yang bisa mencoba resep-resep itu dan juga sebagai dokumentasi aku kalo aku berhasil bikin kue-kue itusejak percobaan pertama :)

Jadi Apakah postingan ini menjawab pertanyaan meta? :)
Semoga bisa menang hadiah giveaway yang baking starterkitnya yaaa :)

You Might Also Like

0 comments