Roseola

3:47 AM


Ternyata penyakit anak bayi ini mengenai eisha juga. Qila juga dulu pernah kena pas umur 8 bulanan. aku masih nympen fotonya tuh. Foto diatas yang kiri qila waktu kena roseola umur 8 bulan dan yang kanan eisha kena roseola umur 10 bulan.  Ternyata qila bayi mirip yah sama adek tapi qila lebih chubby :)

Dimulai dari jumat dilaporin neneknya kalo eisha badannya anget, dan ternyata memang malemnya panas tinggi. Aku ukur suhunya di kisaran 39 derajat aja. Tiap dikasi obat demamnya turun truz naik lagi, jadi aku kasi parasetamol tiap enam jam dan semaleman eisha rewel. Hari sabtunya aku bawa ke dsanya yang ternyata dsanya cuti seminggu hiks5 Akhirnya pilih dsa lain di rumah sakit lain dan ternyata ini dsanya hits bener, mulai praktek jam 7 malem dan eisha dapet antrian nomor 40 :( Abis daftar itu langsung balik ke rumah nininya dan berencana balik lagi jam setengah 10an. Entah mengapa hari itu cape bener dan aku ketiduran di sebelah eisha yang akhirnya bisa tidur nyenyak, dibangunin ayah jam setengah 10 dan ditanya jadi ke dokternya gak, aku jawab setengah sadar ga jadi aja soalnya males. Jam setengah sebelas baru nyadar dan akhirnya ke dokter dan memang aku jadi pasien terakhir. Dokternya bilang kayaknya c infeksi virus aja, tapi karena senin aku udah rencana mau nganter ayahnya ke singapore dokternya ngeresepin antibiotik dan suruh mnm obatnya dulu siapa tahu karena bakteri, nah kalo sampe senin ga turun juga demamnya disuruh cek darah senin pagi.

Karena hari senin pagi panasnya udah turun akhirnya tetep berangkat ke singapore tapi buat jaga-jaga sebelum berangkat tetep cek darah dulu soalnya kalo sampe DHF kan hari keempat juga demamnya turun. Alhamdulillah hasil tesnya normal semua negatif DHF jadi agak lebih tenang buat berangkat ke singapur karena aku pikir common cold aja. Jadi pas berangkat itu muka adek masih mulus dan melewati imigrasi singapuran dengan lancar. Akupun sama sekali ga kepikiran roseola.

Pas hari kedua di singapur badan adek mulai merah-merah aku tadinya curiga ini alergi antibiotik dan karena aku pikir ini infeksi virus aja antibiotiknya aku stop. Tapi kok yah makin sore mukanya makin merah-merah. Jadi mukanya eisha agak bengeup deh. Dan baru sadar ini anak kena roseola. Udah terlanjur dibawa pergi jauh dari rumah pula deh ini. Jadi deh selama mukanya merah-merah kita cuma main-main di hotel and sempet anter adik ipar ke lucky plaza aja. Dan syukurnya merah-merah mukanya cuma bertahan sehari aja besoknya merah-merahnya udah hilang dan anaknya kembali sehat cerah ceria horeeee

hari pertama sampe singapur mukanya masih mulus, malemnya mulai merah-merah, besoknya merah beneeer dan hari ketiga udah mulai mulus lagi :)


Roseola ini penyakit karena virus emang bikin anak super ga nyaman karena demamnya tinggi dan bikin anak lemes. Karena udah terlatih dengan anak pertama saat eisha demam tentu pertolongan awalnya hanya cekokin asi yang banyak sambil diobservasi, diukur-ukur suhunya berapa. Kalo udah di atas 38 biasanya aku udah kasi parasetamol. Karena demam itu hanya gejala bukan penyakit jadi biasanya aku baru ke dsanya kalo demam berlanjut lebih dari 3 hari. Karena kalo kurang dari itu dsanya jua palingan ngasi obat penurun panas aja. 
Setelah demam turun, pada roseola ini keluarlah bercak merah di seluruh tubuh. Bercak merah akan menjadi putih kalo di tekan dan bercak ini akan bertahan selama beberapa jam sampai beberapa hari. Setelah bercak merahnya ilang, sembuh deh. biasanya anak jadi ceria lagi :)

Pengalaman dulu qila kena roseola juga, karena panik hari keempat panas udah turun mukanya bercak-bercak merah aku bawalah ke UGD salah satu RS di bogor dan dokter mendiagnosa campak ampe qila disuruh dirawat. Dirawatlah anaknya diinfus dan dikasi antibiotik, padahal kan sakitnya karena virus, karena dikasi antibiotik padahal ga ada antibiotik yang musti dibunuh jadilah itu mulut dan vaginanya putih-putih karena jamur yang overgrowth akibat bakteri baik tubuh diganggu sama antibiotik. Dan yang lebih bikin trauma adalah anaknya diinfus yang pastinya supeeer ga nyaman buat bayi. Karena pengalaman itu aku jadi lebih hati-hati kasi treatmen sama anak dan lebh berani diskusi sama dsanya dan tentunya musti lebih banyak baca.

Alhamdulillah adek udah sehat lagi sekarang tinggal nunggu nafsu makannya membaik dan mudah-mudahan berat badannya cepet naik yah :)


You Might Also Like

1 comments

  1. iya common banget bayi2 kena roseola. herannya banyak aja dokter2 yang suka salah (ngasal) mendiagnosa ya... :(

    moga2 sehat2 terus ya...

    ReplyDelete