Kuliner Bogor

9:45 AM

Kalo ada temen yang ke bogor pasti deh nanya, enaknya makan dimana yah? Dan seratus persen bingung kalo ditanya gini, karena di bogor sekarang udah banyak banget deh usaha kuliner. Dari mulai yang tradisional sampe internasional :D

Jadi yuk mari saya rekap makanan enak di bogor versi saya.


1.  Laksa
Nah laksa di bogor itu khasnya pake oncom sama kemangi jadi bukan macam laksa singapur yang pake ayam. Ada temen yang ke bogor makan laksa di gang aut.   Nah di gang aut ini ada yang jual laksa khas bogor harganya pun cuma 6000 rupiah jadi jangan heran kalo ga pake ayam :D
Laksa yang terkenal enak di bogor itu ada di cihideung namanya laksa pak  Inin.Aduh kuahnya kental dan agak manis..sluurrp enak deh. Dimakannya pake kerupuk dan telur rebus, pas buat sarapan. Dia bukan jam 9an dan katanya kalo weekend jam 11 udah habis kalo hari biasa bisa jam 1anlah habisnya.

2.     Bakso
Kalo Bakso sebenernya bertebaran deh kedai bakso di Bogor tapi ada beberapa aja yang suka gw datengin karena cocok sama lidah.
-       Bakso seusepan
-       Bakso BoBoHo
-       Bakso Pak Edi Tajur

3.     Soto kuning
Soto kuning khas bogor ini dalah soto kuah santan warna kuning lalu isinya bisa pilih bisa daging atau jeroan-jeroan. Isi soto biasanya direbus terpisah dari kuah soto nanti kita pilih baru ditambahin kuahnya. Makannya pake emping, perkedel kentang dan sate jengkol kalo doyan.Ada beberapa soto kuning yang terkenal di bogor, mostly sih jualannya di sekitaran jalan surya kencana, ada dua yang menurut gw paling enak, yaitu
-       Soto kuning Pak Salam
The best deh kuahnya enaaak banget. Trus Pak salamnya ramah dan mereka punya bahasa sandi sendiri sama barang jualannya. Misalnya si sate jengkol dipanggil Jackson. Ih udah lama gak makan disini jadi udah agak-agak lupa bahasan jualan mereka :D
-       Soto kuning Pak Yusuf
Ada beberapa soto pak yusuf di jalan surya kencana, dan menurut gw yang enak itu yang deket tukang jual sate ayam dan paling deket gang aut

4.     Toge goreng
Kalo toge goring perasaan sih rasanya sama-sama aja deh, biasanya gw makan yang dijual di gang selot, depan ngesti baranang siang atau toge goring Pak Gebro depan sd pengadilan

5.     Doclang
Doclang itu semacam kupat tahu tapi bumbunya lebih halus. Dan doclang paling enak di bogor tentunya doclang pak Odih di pasir kuda. Bumbunya enaaaaaak deh
pasir kuda itu dimana? Kalo dari arah merdeka ke ciomas nanti di pertigaan setelah komplek kehutanan sela kopi pas pertigaan ambil jalan ke sebelah kiri dan warungnya ada di kiri.

6.     Soto Mie
Soto mie enak di bogor itu menurut gw cuma di gang selot

7.     Martabak
Martabak enak di bogor itu tentunya martabak air mancur. Gw suka yang isinya nangka coklat-keju dan martabak telur special. Kalo martabak manisnya ada macem-macem isinya selain keju coklat kacang wijen, ada juga isi pisang atau jagung truz ada juga martabak TipKer (tipis kering) jadi martabak manisnya krenyes2 dibikin tipis garing gitu. Martabak air mancur tokonya ada yang di depan air mancur jalan sudirman atau di jalan pajajaran. Kalo mau delivery di bogor bisa telp ke 02518338333 minimal pembelian 80000 dan kena ongkos kirim 10000
Selain itu juga ada martabak fatmawati dan martabak Bangka apin yang enak dan bisa delivery
Kalo di martabak fatmawati ada martabak duriannya, but so so lah rasanya :D

8. Es Sekoteng
Es sekoteng itu isinya pacar cina, alpukat dan kelapa muda dikasi susu kental manis dan gula. Esnya enaak dan segar :D Es Sekoteng ini ada di sebelahnya bogor permai jalan sudirman atau ada di foodcourtnya Bogor Junction

9.     Macaroni dan lasagna gulung
Ada di jalan salak depan taman kencana. Makanan lumayan enak dan tempatnya enak buat ngobrol-ngobrol, kumpul-kumpul sama temen

10.  Restoran Sunda
Sebenernya restoran sunda di bogor kayaknya sih masakannya standar tapi mungkin menang di suasana tempat aja kali yah. Beberapa restoran yang suka gw rekomendasikan itu
- Gili-gili
Ada nasi jambal bakar yang khas di resto ini, dan sebelahnya ada FO dan biasanya kalo dari luar bogor ibu-ibu suka semangat liat FO.
- De Leuit
Nah yang gw suka dari de leuit adalah toilet khusus anak :D toiletnya mini, truz washtafelnya juga imut. Qila betah cuci tangan kalo ke sini.

Bedanya dua restoran itu menu di de leuit lebih banyak seafoodnya kalo ga salah yah. 

11.  Restoran Kedai Kita
Yang terkenal di sini adalah pizza bakarnya. Rasanya sih yah lumayan enak ga pake enak banget tapi karena pizzanya unik beda sama pizza di gerai2 lain jadi lumayan ngangenin.
Ada dua cabang kedai kita, yang pertama di jalan pangrango depannya Apple pie belakangnya hotel mirah satunya ada di bellanova sentul. Yang di bellanova tempatnya lebih luas dan ada kursi-kursi yang bentuk pantat binatang.

12. Sop Susu dan sate Pak Kumis
My favorit sop ini si bang kumis di jalan pajajaran. Jadi sopnya pake kuah susu, dan ada sum-sumnya. Truz kalo sate kambingnya bisa minta ga pake gajih. enaaaak deh. Kalo di bandung sop serupa si pak kumis ini sop bang mamat di depan bca dago.

13. Bolu talas alias talas roll cake
Nah ini kue yang lagi hits di bogor kayakya. Belinya susah, musti antri pagi-pagi kalo gak yah keabisan. Rasanya sih mirip sama brownies tapi enak sih. Karena lagi hits jadi susah dapetnya yah, kalo udah lewat hits nya ntah deh musti pake antri juga ga yah

14. Roti Unyil
Hampir lupa deh sama si roti unyil ini. Ini udah terkenal jadi oleh-oleh bogor yah. Paling terkenal tentunya roti unyil venus. Sekarang gerainya ada di ruko v point deket ekalokasari plaza. Enak sih rotinya padat isinya, kalo keempukan rotinya sih so so tapi yang bikin enak karena isinya banyak, walaupun unyil tapi harganya ga harga si unyil sekarang udah 1350-an kalo ga salah satu pcs. Tapi karena gosip kurang higienitasnya gw udah agak males beli sekarang, lebih suka roti michele yang bener-bener empuk dan enak rotinya

15. Asinan bogor
Ih ampe lupa si asinan bogor yang terkenal. Yang paling terkenal itu asinan gedung dalam ada di sukasari. Asinan lain yang cukup enak itu ada asinan lengkap di suraykencana sama asinan dewi sri di baranang siang. Tapi asinan paling enak di bogor menurut gw itu asinanya bu pasio yang jualannya deket rumah mertua dengan harga setengahnya adari asinan terkenal itu :)

16. Surabi
Nah ini makanan yang terkenal di bandung yah, tapi di bogor juga ada yang jual aneka surabi namanya istana surabi. Kedainya ada di pertigaan dari arah sukasari ke arah pajajaran, cabangnya ada banyak tapi ga hafal deh kalo di bogor dimana aja selain yang di suksari. Gw paling suka surabi duren, jadi surabinya disiram saus duren truz ditabur keju dan surabi oncom telur mayonaise kalo yang versi asinnya. Selain di sukasari itu di food court bogor junction juga ada nih si surabi jadi kalo mau makan enak tempat nyaman bisa mampir di bogor junction

17. Apple pie
Nah ini juga terkenal jadi oleh-oleh bogor yah, pie apel yang rasanya sih mirip nastar kalo menurut gw. Ada di jalan pangrango, sebrang-sebrangan sama kedai kita

hmmm..apaan lagi yah? Masih banyak makanan yang bisa dicoba di bogor, yang terbaru itu Resto Ah Poong di sentul yang katanya bnyak makanan enak :)

Ini nulis tengah malem, sambil kelaparan jadi makin laper kan melist makanan begini :)



You Might Also Like

1 comments