Kuntum Nursery Farm Field

8:01 PM



Dua minggu belakangan ini, qila merengek-rengek minta dibelikan kelinci. Sebenarnya kita udah pernah pelihara kelinci dan marmut, tapi semuanya akhirnya mati :( Ada yang mati kedinginan, tiba-tiba mati entah apa sebabnya, ada yang dimakan ular, ada juga yang dimakan kucing. Karena udah berulang kali kejadian begini jadi mikir-mikir lagi kalau memelihara kelinci nanti siapa yang ngasi makan, kandanganya ditaro dimana supaya aman, dst. Jadi untuk mengetes seberapa pengennya qila punya kelinci, aku pikir ga ada salahnya kita coba dulu kasi makan kelinci. Nah kebetulan pernah dengar ada kuntum nursery farmfield, disana ada beberapa macam hewan yang bisa kita ajak berinteraksi, maksudnya ngasi makan, elus-elus hehehe. Semua hewannya dibikin bisa kita pegang kok karena hewan disana jinak-jinak :)


Tadinya mau pergi kesana seminggu yang lalu, tapi ternyata kami terlalu sore tiba disana jadi disambut hujan besar plus petir menggelegar jadi ditunda deh. Baru sabtu kemarin ini kita ke sana lagi. Karena qila katanya pengen melihara kelinci, maka hipotesisnya "qila akan senang bermain di kuntum nursery farmfield dan bersemangat memberi makan kelinci" kenyataannya? Ya kita lihat nanti yah :)


Begitu tiba di kuntum nursery, qila keheranan karena dia mengira memberi makan kelinci di kebun binatang. begitu sampe "bun, mana binatangnya, ini bukan kebun binatang yah?", awalnya bundanya senyum aja, tapi dia ulang sampai 3 kali pertanyaannya, jadi aku jawab "nanti liat sendiri yah" :)


Begitu masuk kuntum farmfield terlebih dulu kita ketemu meja seperti meja resepsionis di dalam pemdopo utama. Di pendopo itu dikelilingi kolam yang didalamnya ada ikan untuk fishspa, jadi kalau mau kita bisa mencelupkan kaki disana dan ngerasain fishspa deh. Di meja itu kita bisa membeli tiket, untuk taman unggas yang isinya macam-macam binatang itu kita harus membayar tiket Rp 15.000,- per orang. Selain ke taman unggas kita juga bisa memetik sayuran organik, satu bakulnya harus membayar Rp 60.000,- dan sayurannya bisa dibawa pulang. Setelah dapat tiket barulah kita jalan ke gerbang utama taman unggas, di gerbang itu ada penjaganya juga dan ditawari mau pake caping atau tidak. Caping itu topi anyaman yang suka dipakai pak tani. Qila yang tipikal princess tentu saja menolak topi macam caping :) Jadilah kita masuk tanpa memakai caping :). Setelah masuk gerbang baru deh terdengar suara kambing mengembik, ayam bercicit terus sapi mengeluarkan suara mooww :) Qila mulai excited. Hehehe

Tapi begitu melihat si anak kambing yang excited melihat kita, qila langsung agak takut, dia antusias begitu melihat kandang kelinci.
kandangnya cukup besar yah segede rumah kita lah yah hahaha. Pertama-tama kita menjelajahi semua kandang. Dari kadang kambing, di sebrangnya ada kandang kelinci lalu kita susurin ke belakang dan melewati kolam dengan jembatan kayu lalu di sisi sebrang kandang ada pertanian sayuran organik.
Di bagian belakang kami menemukan kandang-kandang unggas. Ada ayam namanya ayam ketawa..lucu yah, itu ayamnya kalo berkokok kayak orang ketawa :) Lalu ada angsa, ayam-ayam yang lain, bebek, lalu satu kandang besar isinya ayam, penyu, burung dijadiin satu kandang seru deh.  Selain itu yang agak aneh ada berang-berang pemakan ikan, lalu ada burung kastuari yang cantik berwarna merah.


Di bagian depan setelah berputar-putar di bagian belakang peternakan akhirnya ketemu juga sama sapi. Qila takut lewat kandang sapi karena sapinya besar dan takut nendang atau gigit dia kali yah, ampe nangis pas lewat kandang sapi. Gak jauh dari kandang sapi ada kandang kelinci dan kandang marmut. Di depan kandang kelinci ada yang jual makanan kelinci/marmut/kambing dan susu di dot untuk anak kambing. Harga makanannya  Rp 5.000,- per pack


Kami memilih membeli satu bakul sayuran untuk memberi makan kelinci. Ketika kita masuk kandang para kelinci seperti udah tahu kalau yang masuk kandang mau memberi mereka makan, jadilah kita diserbu kelinci. Yang katanya mau memelihara kelinci malah ketakutan samapi loncat masuk stroller adeknya :) Adeknya malah lebih semangat melihat kelinci, bakulnya dia ambil terus kelincinya dicolek-colek hehehe


Setelah memberi makan kelinci kami memilih membeli beberapa botol susu buat anak kambing. Wah begitu sampai di depan kandang kambing, kambingnya udah semangat menyambut kita samapai ada yang keluar dari kandangnya dan mereka berebutan mengambil dot susu. Kalau kalah gesit gak dapet susunya deh. Sampai ada yang kambing loncat keluar kandang untuk merebut dot dari kambing lain :)

Seru yah...
sayang hari itu panas terik tapi mau hujan, cuaca labil deh. Jadi kita cuma 1 jam aja di sana terus pulang. Kalau eisha udah agak besar lebih seru kali dia ikut memberi makan hewan-hewan disana.

Yang mau ajak anak-anak liburan murah meriah, kuntum farm field ini bisa jadi pilihan. Tempatnya nyaman dan dilengkapi restauran juga di bagian depannya sehingga tidak usah khawatir dengan makanan kalau disana. Bapak-bapak yang suka mancing juga bisa mancing, ibu-ibu yang suka tanaman hias disana juga dijual tanaman hias dengan harga terjangkau. Selain itu juga ada macam-macam tanaman buah kisaran harganya 40-80 rban kalau tidak salah, kalau bunga dari harga 5rb-300rban.

Seru yah..ayah bundanya yang seru sih :)

Jadi sudah pantaskah qila memelihara kelinci?Kayaknya belum yah :) Tunggu dia lebih siap bertanggung jawab sama hewan peliharaannya dulu deh.

Kuntum Farmfield
Alamat Jln raya tajur
Keluar tol ciawi belok kanan kurang lebih dua km ada di sebelah kiri jalan setelah pegadaian

You Might Also Like

2 comments

  1. wahhh si emma pasti seneng nih kalo dibawa kemari. boleh megang2 kelincinya ya... :D

    ReplyDelete
  2. iya man, emma pasti seneng dia kan suka sama binatang yah?
    kelinci, kambing, ayam, sapi semua boleh dipegang-pegang :)

    ReplyDelete