Arancini

7:12 PM


Gaya yah namanya keren arancini padahal bisa disebut juga kroket nasi atau bola-bola nasi. Jadi pagi-pagi itu suka ribet yah mikirin qila bekal apa. Buka buka kulkaa ga ada yang menarik teuz buka rice cooker masih ada nasi sedikit dan terpikirlah membuat kroket ini karena pernah baca tentang kroket nasi. Pas browsing resepnya baru tahu kalau nama lain kroket ini arancini. 

Buatnya mudah kok bahannya juga biasanya ada di dapur semua. Ini resep aku modifikasi dari resep2 yang aku baca hasil browsing. 

bahan 
1 piring nasi
1/4 blok keju parut
1 buah wortel
1 buah telur
1 siung bawang putih
1/2 buah bawang bombay
1 sdt kaldu ayam organik
50 cc susu cair
salt and pepper secukupnya
putih telur
tepjng panir

cara membuat
cincang bawang putih dan bombang lalu tumis hingga harum lalu tambahkan telur orak arik dilanjutkan masukan wortwl diaduk2 lalu masukan nasi susu dan tambahkan bumbu2 lain. masak sampe adonan agak lengket dan bisa dibentuk.
Tunggu adonan agak dingin lalu bentuk bulat gulingkan di putih telur lalu gulingkan lagi di tepung panir. Kalau mau agak tebal lapisan tepungnya bisa diulang dua kali lapis putih telur lalu tepung panir lagi.
Tinggal goreng deh kalau mau langsung makan, kalau mau disimpan buat stok cemilan di freezer juga bisa.

Harusnya sih lebih enak kalau ditambah daging cingcang ayam atau sapi tapi karena kemarin ga ada daging cingcang di rumah jadi diganti telur deh. trus ada juga yang masukin keju mozarela atau quickmelt di tebgah bulatan nasi itu jadi nanti setelah digoreng pas dimakan panas2 bakal ada keju lumernya..tampak lebih enak yah hehehehe.

Sent from Samsung Mobile

You Might Also Like

2 comments

  1. hm... nyamnyaaam...
    si kecil pasti pada suka nih...:)

    ReplyDelete
  2. sayangnya kmrn qila and eiaha ga terlalu suka hiks..
    kalau kei sama aiko mungkin suka kali yah

    ReplyDelete