Banana coklat muffin

10:44 AM

Pagia pgi ribet tapi ga punya persediaan roti buat sarapan? Bikin muffin salah satu pilihan yang gak pake ribet tapi enak dan lumayan bikin kenyang dan anak2 pun doyan. 

Bikin muffin ini karena tergoda sisa pisang yang udah hitam2 di tempat buah. Pengennya sih bikin banana cake tapi pisangnya cuma sisa sebiji dan mau bikinnya pagi2 pula jadi yang tinggal aduk yah bikin muffin.

Browsing resep nyari resep yang pisangnya sebiji dan telurnya satu aja. Irit telurlah kalau bikin kue. Rata2 resep pake 3 pisang untuk satu resep dan 1 telur jadi kalau mau bikin setengah resep masa telurnya setengah. Akhirnya nemu resep dari blognya mbàk ricke yang telurnya dua tapi pisangnya 3-4 harusnya. Jadi bikin setengah resep tapi pisangnya cuma 1 biji. Ini ditulis resepnya cuma setengah resep dan bisa bikin 6 muffin pake cupcake cup ukuran diameter 5 cm. Oh iya di resep asli dr mbak ricke dia ga pake susu cair tapi rasanya adonannya terlalu padat jadi aku tambah 50cc susu cair.

Resep Banana Coklat Muffin
(Sumber ricke-ordinarykitchen dengan sedikit modifikasi)

Bahan
115 gr tepung terigu serbaguna
15 gr coklat bubuk
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
60 gr mentega dilelehkan
1 butir telur
1 buah pisang dihaluskan
50 cc susu cair
100 gr gula pasir

Cara membuat
Panaskan oven dengan suhu 200 derajat.
Di satu mangkuk campur tepung terigu coklat bubuk baking powder dan vanili, lalu sisihkan
Di mangkuk yang lain campur telur pisang dan mentega aduk rata. Setelah itu tambahkan campuran tepung dengan diayak ke dalam adonan pisang telur mentega lalu tambahkan gula pasir dan susu cair.
Masukan adonan ke dakam muffin atau cupcake pan lalu ditaburi toping sesuai selera. Karena aku gak punya chocochips jadinya pake coklat putih yang dipotong2 lalu ditaburi di atas adonan dan panggang dengan suhu 200 derajat selama kurang lebih 10 menit sampai adonan naik lalu turunkan suhu oven ke 180 derajat sampai muffin matang. Kurang lebih 15 menit kemudian.

Hasilnya muffin merekah yang enak. Eisha doyan dan karena cuma jadi 6 biji langsung ludes hari itu.

Sent from Samsung Mobile

You Might Also Like

0 comments