Berkebun

5:56 PM

Fokus aku tuh makanan semua yah. Dari mulai masak sampe cita-cita pengen berkebun dan beternak. Hehehhe Nah hobi berkebun ini baru kesampean beberapa bulan belakangan. 

Niat awal mau nanam sayur yang gampang kayak bayam kangkung dan sawi. Jadi niat beli bibitnya dan media tanamnya. Ternyata bibitnya murah loh 3000an aja satu plastik itu. Bikin media tanam pake pasir sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Pertama kali mau belajar berkebun waktu masih tinggal di rumah mama jadi masih terawat deh itu tanaman. Sayangnya sebulan kemudian aku pindah dan tanaman2 itu gak kebawa jadi diringgal di rumah mama dan ga ada yang merawat hasilnya tanamannya jadi kuning deh tapi tetep sih kangkungnya berhasil kita panen walaupun jumlahnya ga banyak. Selain bibit sayuran itu aku juga pesan benih online. Satu bungkusnya 1000an aja ada berbagai macam tomat, beragam cabe wortel brokoli pare dan sayur lain. Kalap deh yah karena cuna 1000 harganya. Semua disebar dan ternyata wortelnya ga berhasil tumbuh, brokolinya bertunas tapi setelah itu digarukin kucing media tanamnya dan akhirnya ga berkembang yang sukses cuma tomat cabe dan pepaya. 

Selain beli benih sekarang tiap punya cabe bawang tomat busuk pasti dilempar aja ke tanah dan biasanya bakal bertunas tuh. Sisa sayuran macam sawi atau yang ada akarnya kayak daun bawang juga ditancepin ajadi tanah biasanya bakal bertunas juga. Senangnya tak terkira kalau tanamannya muncul tunas apalagi kalau berbuah yah.

Cita cita sih homegarden begini bisa memenuhi kebutuhan sayuran harian aku nantinya tapi belum bisa sampe sana sih karena masih belum rutin berkebunnya. Kalau mau panen sayuran terus katanya ada periode waktu menanamnya supaya bisa panen terus. Mudah-mudahan suatu hari bisa tercapai. Sekarang niat dulu deh.

Kalau mau beli bibit ecer 1000an bisa ke www.petanirumahan.wordpress.com
Kalau cari bibit media tanam dan peralatan berkebun di bogor bisa ke beberapa tempat 
1. Toko tani jaya di pasar anyar sebrangnya borobudur
2. Di toko sebrangnya babyshop tiara sukasari
3. Kuntum nursery tajur.
Selain bikin media tanam sendiri bisa juga pake media tanam yang sudah jadi, ada media tanam organik atau media tanam biasa tinggal pilih aja. 

Sent from Samsung 

You Might Also Like

1 comments

  1. wah akasih info nya teh, sama sy juga pengennya berkebun sedniri meski dnegan tanah yang minim hihihi

    ReplyDelete