homemade peanut butter

7:49 PM

Setelah sekian lama berniat bikin peanut butter sendiri akhirnya semalam kesampean juga bikin ini. Udah beli kacang kupasnya entah dari kapan hehehe. Kemarin sekalian manggang macaroni schottel baru ingat sekalian manggang kacangnya. 

Pagi kacang dipanggang batu sore dieksekusi masuk blender buat dibikin selai kacang. Awalnya pas manggang kacang, main dimatiin aja ovennya pas kacangnya udah tercium bau wangi terus iseng dirasain kacangnya ternyata kurang matang tapi malas nyalain ovennya jadinya didiamkan aja di dalam oven yang masih panas truz ditinggal pergi anter anak2 sekolah.

Sorenya masuk ke blender yang biasa buat blender bumbu. Kacanvnya dulu yg dihaluskan terus setelah halus tambahkan madu dan minyak sesuai resep. Tapi udah ditambahkan minyak 1 sdmteksturnya masih belum creamy. Akhirnya tambah madunya dan berharap minyak kacangnya keluar. Tapi gak juga keluar loh jadi tambah lagi minyaknya jadi 1.5 sdm dan mikir mungkin harus didiamkan dulu. Didiamkan satu jam ga ada minyak yang keluar juga hiks. Dan mikir mungkin kurang halus ngeblendernya. Diputar berulang ulang sampe blendernya panas tapi itu minyak jacang gak keluar juga. Akhirnya dikeluarin dari blender bumbu dan dihaluskan dengan blender tangan. Hasilnua gak juga didapatkan tekstur yang diinginkan. Dan mikir ini emang karena kacangnya kacang panggang mungkin jadi ga keluar banyak minyak, so aku tambah minyaknya 1.5sdm lagi baru deh teksturnya lebih creamy. Jadj emang minyaknya yang kurang. Di awal aku takut nambah minyak banyak2 karena baca resepnya teh ayu dia kebanyakan masukin minyak tapi dlaam kasusku malah kurang minyaknya. 

Resepnya diambil dari blognya ayu respati 

Resep
125 gr kacang kupas panggang
3 sdm madu
3 sdm minyak kelapa

Cara membuat
Haluskan kacang lalu tambahkan madu dan minyak ... jadi deh..
Madu dan minyaknya bisa diseuaikan sesuai selera..tergantung kadang manis yang diinginkan dan kekentalan yang diinginkan.

Insya Allah peanut butter bikin sendiri gini lebih sehat yah karena ga banyak bahan tambahannya. Kalau yang beli biasanya udah dicampur penstabil, pengawet, atau pemanis buatan. Nah kalau bikin sendiri mungkin amsalahnya di kacangnya kalau belj sembarangan entah udah dikasi pemutih atau cara mengupasnya pake bahan kimia kita gak tahu juga..hehe Kalau mau aman mah kacangnya juga kita nanam sendiri kali :D

Mudah ternyata menbuatnya yah .. next time bikin almond butter atau pistachio butter kali :)

Sent from Samsung Mobile

You Might Also Like

2 comments

  1. aihhh... jadi ngebayangin almond butter emhhh yammiii..
    ini pake madu buat pamanisnya, wah lebih sehat, apalagi kacangnya dipanggang..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi almond mahal yah teh bikinnya ntar2 aja hehehe...iya pake madu ceritanya supaya lebih sehat

      Delete