Roti manis dengan metode water roux

11:52 PM


Setelah sekian lama gak nyoba2 bikin roti, sehari sebelum eisga dirawat aku kesambet bikin roti karena abis blogwalking. Jadi hari ini sudah diniatkan ga beli roti, karena roti itu makanan wajib suami buat sarapan hanpir setiap hari selalu ada roti seringnya sih roti tawar.

Tadinya sih mau bikin roti ekspress 30 menit yang resepnya ada di sini. Tapi karena yang punya blog bikinnya pake microwave sementara aku ga punya microwave jadi ragu ragu deh. Padahal menggoda banget itu bikin roti cuma 30 menit.

Akhirnya cari cari resep roti tawar dan dapet beberapa versi. Kemudian ketemu deh resep roti pake metode water roux. Sempet baca metode ini dipake teh ayu respati tapi akhirnya nyontek dari blognya mbak hesti. Ternyata mudah kok buatnya dan hasilnya roti lembut. 
Aku bikin pake setengah resep dan jadi 1 buah roti tawar ukuran sedang dan 9 buah roti manis diameter kurang lebih 5 cm. 

Resep roti metode water roux 
Yang sudah aku modifikasi resep aslinya dari sini

BAHAN
Water roux 
50 gr terigu
250 cc air

Roti
250 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
5 gr ragi
55 gr gula
110 cc susu cair
30 gr mentega

Cara membuaf
Bikin water rouxnya dengan mencampur terigu dan air lalu aduk hingga halus dan jerang diatas api hingga mengental lalu sisihkan
Campur terigu guka ragi laku tambahkan susu cair dan water rouxnya lalu aduk hingga kalis. Setelah kalis tambahkan mentega. Aduk hingga kalis. Lalu fermentasikan selama 45 menit lalu bentuk sesuai selera dan fermentasikan lagi sekitar 45 menit. Olesi dengan susu evaporated kalau aku pake susu kental manis yang dicampur susu cair.
Panggang selama 35 menit untuk roti tawar dan 15 menit untuk roti isi. Jadi deh...

Nah yang roti tawarnya ga kefoto dan sempet aku rasain juga karena eisha harus dirawat di rumah sakit, sempet ngerasain roti isi mentega dan gulanya, rasanya sih enak dan cukup lembut tapi setelah dibesokin rotinya jadi kurang lembut. 
Sent from Samsung Mobile

You Might Also Like

4 comments

  1. Replies
    1. Enaak apalagi yang baru keluar daru oven..empuk maksimal hehehe...esther kan jago masak juga pasti sering dibikinin masakan enak

      Delete
  2. hm... lama juga nih gak ngeroti...:)
    eisha knp? sakit apa? moga cepet sembuh ya sayang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari rabu lalu kejang demam teh..alhamdulillah sekarang mah udah baikan...
      Ayo atuh teh bikin teh ayu mah jago bikin yang lebih enak

      Delete