Pizza

4:10 PM


Baca blog orang itu jadi suka pengen apa yang dibuat sama yang punya blog yah. Seperti minggu lalu baca momylicious yang posting no knead pizza dough jadi nyoba deh. Waktu itu nyoba resep itu tapi dimodifikasi dan pake ragi yang udah pernah dibuka. Nah entah pengolahannya salah entah raginya yang salah dough gak jadi, ga ngembang sama sekali jadi kayak roti maryam aja itu pizza dough. 

Nah semalem nyoba lagi bikin pizza tapi doughnya bikin pake resep lama yang diambil dari blog resepnya keluarga nugraha. Tapi tetep yah eksekusi resep suka2 yang bikin hehehehe. 




Resep pizza (original recipe from www.resepnugraha.net)

Pizza dough
Bahan
250 ml air hangat
1 bungkus ragi (di resep asli 8 gr saya pake 11 gr)
2 sdm gula pasir
425 gr terigu protein tinggi (resep asli 375 gr)
1.5 sdt garam
20 ml minyak sayur (harusnya 40 ml minyak zaitun)

Cara membuat
Campur air hangat dengan gula dan ragi diamkan 15 menit sampe berbusa
Lalu masukan terigu dan garam ke mangkuk tambahkan campuran ragi aduk hingga setengah kalis lalu masukan minyak dan aduk hingga kalis
Diamkan 1 jam sebelum digunakan

Topping pizza
Bahan 
Daging cingcang
Bawang putih
Bawang bombay
Saus spagheti botolan
Saus tomat
Tomat cheri
Paprika
Nanas
Oregano
Keju mozzarela

Cara membuat 
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum lalu masukan daging cingcang sampai berubah warna masukan saus tomat dan saus spagheti masak hingga kental

Penyelesaian pizzanya...
Giling dough sampai tipis dan bentuk bulat lalu tusuk2 dengan garpu bagian tengan pizza
Olesi dengan saus daging seluruh permukaan atau sisakan bagian pinggirnya. Taburi paprika dan nanas dan terakhir taburi keju. Panggang suhu 200 derajat selama 15 menit.

Untuk resep dough yang ini jadinya roti pizza kayak di pizza hut. Pas ekesekusi resep sebenernya ngikutin resep asli dr keluarga nugraha tapi ternyata pas awal menggunakan 375 gr terigu adonannya kebanyakan air jadi aku tambah kan terigunya. Begitupun pas masukin minyak tadinya langsung masukin 20 ml minyak dari resep yang minta 40 ml dan adonannya udah berminyak banget jadi 40 ml itu kebanyakan menurutku. 
Nah harusnya air buat adonannya mungkin ga dicampur semuanya sama ragi cukup 150ml nya misalnya nanti kalau adonannya kyrang air bisa ditambah sedikit2, begitu juga fengan minyak ditambahkannya sedikit2 jangan langsung banyak sampe dirasa pas adonannya.

Mudah yah bikin pizza  :)

You Might Also Like

1 comments

  1. kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

    ReplyDelete