Rendang

3:49 AM

Aku termasuk orang yang pernah mikir bikin rendang itu susah. Tapi itu dulu sebelum punya pressure cooker. Sekarang bikin rendang doang sih bisalah. Satu setengah jam beres jadi rendangnya ga pake rajin-rajin aduk karena pake pressurecooker. 

Jadi sekarang tiap bulan pasti ada menu rendang. Karena di rumah yang makan ada empat orang dengan daging setengah kilogram aja bisa habis 2 hari maksimal 3 hari. Rendang ini salah satu masakan kesukaan qila juga jadi semangat deh masaknya karena anak jadi semakin semangat makan. Supaya rasanya ga terlalu pedas biasanya cabenya aku buang bijinya jadi bumbunya tetap merah tapi rasanya ga terlalu pedes. Karena kita orang sunda jadi rwndangnya rendang ala sunda yang ga pake macam macam bumbu rempah cuma duo bawang cabe kemiri dan daun2an. 

Resep rendang sunda ala mrsresna

Bahan
1/2kg daging
1 kotak santan instan 
1 ons cabe buang biji
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butur kemiri
1/2 sdt bumbu gulai
1/2sdt merica
Daun jeruk 
Daun salam
Daun kunyit
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat
Haluskan bawang cabe kemiri. 
Masukan daging ke dalam pressure cooker lalu tambahkan bumbu halus dan air sesuai batas pressure cooker kalau aku karena pake pressure cooker ukuran 4 L jadi airnya sampai 3/4nya lalu tambahkan santan setengah kotak tambahlan garam gula dan semua daun2nya.
Masak sekitar 1 jam. Setelah itu buka panci bila sudah dingin lalu masak kembali dan tambahkan setengah santan yang tersisa masak hingga airnya surut.

Mungkin rasa rendang ini ga seenak rendang padang yang masaknya pake api kecil dalam waktu lama tapi semua orang rumah doyan2nya aja. Jadi kalaubisa yang gampang buat apa cari cara susah :)

Sent from Samsung Mobile

You Might Also Like

1 comments