Cakue

7:03 PM

Udah dari lama penasaran oengen bikjn cakwe sendiri. Browsing resepnya dan kayaknya kok ribet amat fermentasinya ada yang ampe 10 jam sampai akhirnya nemu resep yang fermentasinya pake ragi dan cuma 2 jam aja. Padahal 2 jam jg lama yah tapi lumayan dari pada 10 jam sih. 

Ini dia resepnya

C A K W E
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Biang:
1 sdt ragi instan
1 sdm tepung terigu
1 sdt gula pasir
3 sdm air putih hangat
===>

Bahan Adonan Cakwe:
250 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sdt garam
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
100 ml air putih
1 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Buat biangnya dengan mencampurkan semua bahan biang lalu diamkan kurang lebih 15 menit sampai adonan berbusa.

2. Campurkan semua bahan adonan cakwe lalu campurkan dengan biangnya lalu aduk hingga kalis. Setelah kalis fermentasi selama dua jam. 

3. Setelah dua jam bentu adonan jadi adonan memanjang lalu potong kecil2, lalu dua adonab kecil di tumpuk lalu dipanjangkan dan goreng deh hingga kecoklatan. 

Ternyata hasil cakwe resep ini teksturnya agak padat dibanding cakwe beli. Jadi penasaran coba resep cakwe yang lain. Hehehe.

You Might Also Like

4 comments

  1. kalo di indo ada yang jual cakue frozen gak? disini ada lho... jadi gak usah ribet bikin2. hahaha *pemalas* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. cakue frozen ga pernah lihat man..kayaknya ga perlu frozen kali kalau cakue sih banyak yang jual gerobakan kan kalo di indonesia heheh

      Delete
  2. untunglah resepnya gak pake amonia ya..soalnya ada bau-bau gimana gitu:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah ga pake bahan aneh2 teh yang ada di rumah aja

      Delete