Sagu Keju

11:18 PM

Biasanya tiap mau lebaran kita pesan kue kering ke semua yang nawarin hahaha. Ada sodara nawarin yah beli 2 stoples, ada temen nawarin beli 1 atau 2 stoples juga. Karena suka ga enak kalau ada temen yang jualan jadi deh suka dibeli aja. Tapiii bulan ramadhan tahun ini suami protes, "itu udh punya mixer mahal (hahahhaha...) Kok masih pesen sih kuenya?" Ya tertantanglah si istri buat bikin kue kering sendiri :) 

Jadi deh berniat bikin kue kering sendiri tahun ini. Pertama yang dibuat si sagu keju ini karena emang salah satu kue kering favorit yah sagu keju. Rasa gurih dan lumer di mulut bikin ketagihan makan kue ini. 

Kebetulan juga di facebook groupnya ncc hampir tiap hari berseliweran yg eksekusi resep sagu keju. Banyak yang eksekusi pake resepnya mbak adhe ermalia. Jadi emang udah dari beberapa minggu lalu rame resepnya. Dan yang lagi hits juga banyak yang pake margarinn royal palmia. Jadi margarin tapi wanginya butter. Nyari margarin ini susah aku baru dapet di h*permart di thamcit waktu lagi belanja kerudung dan disana stoknya lagi banyak. Di tempat lain ga nemu margari ini. 

Nah akhirnya pagi ini eksekusi si resep. 
Ini resepnya :

SAGU KEJU
resep by adhe ermalia

Bahan
125 gr margarin
50gr gula halus
1 butir telur
250 gr sagu
1 sdm susu bubuk
75gr keju parut

Cara membuat
Sangrai sagu sampai kering. Masukan daun pandang ke sagu yg disangrai. Kira2 waktu sanggrainya 10 menit. Sangrai sagu sehari sebelumnya.
Kocok margarin dan gula tepung sampai nyampur. Ada yg blg dikocok pake mikser kec rendah selama 2 menit.  Karena males pake mikser aku sih dicampur pake whisk aja sampai rata lalu dicampur telur. Setelah tercampur masukan sagu susu bubuk dan keju aduk menggunakan spatula hingga rata. Setelah rata dipanggang deh dengan api 160 derajat selama 20 menit. Cetak adonan di atas loyang alumunium ga usah pake kertas. Insya Allah ga nempel dan malah gampang lepas.  

Nah PR banget nyetak adonan ini karena ga bisa dicetak pake spuit di plastik segitiga, adonannya terlalu padat kalau pake  plastik segitiga jadi aku dorong langsung pake jempol di spuitnya jadi makan waktu deh. Hufft....untung kuenya berhasil kalau gak nangis udh cape ngebentuknya hehehe...

Rasanya enak. Cuma agak ngemprul karena emang tekstur kuenya begitu sih karena pas dimakan pun langsung lumer di mulut. 

Nah pr berikutnya mau bikin nastar. Mudah2an berhasil yah :) 

You Might Also Like

0 comments