Roti 40 menit

3:10 PM


Setelah sekian lama mencoba berbagai resep roti akhirnya nemu resep roti ini. Awalnya sih nemu di fb groupnya NCC dan langsung coba. Yang nulis resep pertama kali namanya mbak vita citra. Dan ternyata sekali coba langsung jatuh hati (ciee....hahahha)

ROTI 40 MENIT by vita citra

Bahan
125 cc air hangat
1 sdm ragi instan
1 sdm gula
200 gr terigu protein tinggi
50 gr terigu protein sedang
1 kuning telur 
40 cc minyak

Cara membuat
Aduk air ragu dan gula lalu diamkan 15 menit
Setelah itu masukan senua sisa bahan ulenu hingga agak elastis. Lalu bentuk sesuai selera diamkan 30 menit
Lalu oanggang di api 190 sd 200 derajat selama 10 menit di api bawah dan 2 ment di api atas
Jadi deh...mudah dan cepat

Sejak sering mencoba2 membuat roti kayaknya sih mulai mengenali kesalahan2 dalam membuat roti. Antara lain :
1. Terlalu lama memanggang
Kadang karena udah 10 menit manggang to rotinya belum kelihatan coklat jadinya dipanggang lebih lama dengan api bawah sampe atasnya kecoklatan. 
Terlalu lama memanggang akan membyat roti jadi keras jadi emang paling pas cukup panggang 10 menit dgn api bawah untuk mematangkan roti dan 2 menit api atas untuk membuat roti bagian atas terlihat kecoklatan. Tapi again balik lagi ke oven masing2. Jadi emang wajib kenalan sama oven masing :)

2. Menggunakan ragi yang sudah tidak baik
Nah aku pake ragi sachet met fer*ifam dan kadang dalam satu resep tidak terpakai semuanya. Kalau penyimpanan sisa ragi tidak benar biasanya ragi jadi tidak bisa dipakai lagi. biasanya sisa ragi aku staples di ujung plastik yang sudah terbuka lalu aku masukan lagi ke dalam plastik lalu ikat.
Salah satu keuntungan pake resep di atas kita jadi tahu raginya masih baik atau gak sebelum semua adonan di campur karena di tahap awal ragi dicampur dulu dengan gula dan air lalu didiamkan. Kalau terbentuk banyak busa artinya raginya masih baik kalau tidak terbentuk mending buang aja larutannya ganti dengan yang baru

3. Mencampur garam dengan ragi
Menurut yang aku baca garam dan ragi itu musuh karena garam akan menghambat aktivitas ragi. Makanya dalam banyak resep roti biasnaya di awal raginya dicampur gula dulu lalu dicampur bahan lain diuleni baru terakhir masukan garam. Jadi sebaiknya memang ragi jangan dicampur garam. Kalau sahabat baiknya ragi itu gula makanya di resep atas pun raginya dicampur gula dulu supaya kerjanya baik

4. Terlalu lama menguleni
Dulu setiap baca resep roti selalu dibilang uleni hingga kalis elastis dan kadang aku jadi ngulenin lama supaya pasti dapat kalis elastisnya tapi ternyata menguleni terlalu lama juga ga baik karena bisa bikin adonan menjadi keras. Kalau pake mikser kitchen*id cukup 7-10 menit aja udah kalis loh kadang 5 menit udah kalis.

Kira-kira begitu yang aku mulai ngerti tentang roti. Tapi bukan berarti udah expert sih masih harus belajar juga...kalau ada share lain tentang perotian mangga yah..:)

Sent from Samsung Mobile.

You Might Also Like

3 comments