Chocostick Ny liem

9:15 AM


Tahun ini aku memutuskan mau membuat kue kering sendiri untuk konsumsi di rumah dan juga untuk dibagikan ke tetangga sebagai parcel lebaran. Dan salah satu pilihan kue kering yang dibuat adalah chocostick Ny liem ini. Salah satu bahan wajib tak tergantikan di resep ini adalah bakeable chocolate yang nyarinya musti di toko bahan kue (Tbk). Karena yang aku tahu cukup lengkap di bogor itu Tbk Yoeks, jadi deh harus mampir disana. Dan karena semua orang bikin kue buat menyambut lebaran jadi tokonya ramenya bukan main, susah cari parkirnya. Aku bolak-balik kesana, dan baru dapet parkir pas kunjungan keempat. Tiga kali kesana selalu berusaha pagi supaya dapat parkir tapi ternyata justru pagi itu ga dapat parkir karena orang-orang pada niat belanja pagi. Kunjungan keempat baru terjadi pas mau dekat-dekat lebaran, maksain kesana sebelum datang ke acara buka bersama, dan akhirnya dapat rejeki tempat parkir :))

Bikin kue ini gampang banget, yang penting menggunakan bahan-bahan berkualitas agar rasanya enak. berikut ini bahan dan cara membuatnya

Chocostick cookies Ny. Liem

Bahan: 

Bahan A
150 gram butter unsalted
50 gr butter wysman
100 gr margarin
1 butir telur
1 kuning telur
1/2 sdt vanila susu

Bahan B
450 gr terigu protein sedang
40 gr susu bubuk

Bahan C
coklat stik secukupnya 

Olesan
1 kuning telur
1 sdm susu cair
1 sdm madu


Cara membuat
Kocok bahan A hingga rata dan mengembang. Warnanya pucat. Lalu masukan bahan B. Aduk rata dengan spatula atau dengan tangan yang dilapisi plastik. 
Giling adonan kira-kira sampai ketebalan 0.5 cm lalu taruh chocostick di atasnya dan potong dua sama rata chocostiknya lalu potong adonan sesuai dnegan ukuran chocostick. Taro adonan tali keranjang di atasnya. olesi bagian tali keranjang dengan bahan olesan lalu panggang di suhu 150 derajat celcius selama 20 menit dan lanjutkan dengan suhu 130 derajat celcius selama 10 menit. 


Percobaan pertama membuat kue ini langsung berhasil, walaupun belum secantik yang dibuat para ekspert yah hehehe. Perpaduan cookies yang gurih dan coklat yang enak membuat cookies ini ga cukup cuma makan satu potong huehehhee. 

Tips membuat kue ini :
1. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas, salah satu yang jangan diskip yah penggunaan butter. Standar sih kalau bikin kue kering ga pake butter biasanya rasanya jadi kurang enak yah. Sempet nyoba bikin kue ini dengan komposisi margarin yang lebih banyak, dna hasilnya cookiesnya jadi lebih keras dan lebih asin serta rasanya kurang nendang dibandingkan dengan cookies yang menggunakan lebih banyak butter. Penggunaan margarin pada resep ini jgua menurutku jangan diskip untuk membuat kue yang lebih kokoh. Kalau menggunakan full butter tekstrunya bisa lebih lembut dan mungkin cookiesnya jadi lebih mudah hancur
2. Saat mencampur tepung dengan adonan bahan A, cukup dicampur sebentar saja asal semua bahan rata. Katanya sih adonan cookies itu memang jangan diaduk terlalu lama, takutnya adonannya jadi panas dan menbuat adonan lebih lembek sehingga cookies jadi melebar atau meleleh saat dipanggang. Untuk meminimalisir sentuhan panas berlebih di adonan cookies sebaiknya mengaduk menggunakan alat atau lapisi tangan dnegan plastik sehingga kontak panas dari tangan kita juga minimal. 
3. Pergunakan api kecil untuk memanggang kue ini. Selain agar warnanya cantik juga mengurangi kemungkinan kue tidak matang sempurna hingga ke dalam atau adonan kue melebar saat dipanggang karena terkena panas suhu tinggi. 

So cookies ini worthed to try buat pemula. Aku aja bisa bikin apalagi kamu .. :)



You Might Also Like

1 comments