Hongkong Trip

6:02 AM

Sebelum keberangkatan ke Hongkong ini aku udah bikin ittenary lengkap
Garis besarnya seperti ini, tapi aku dah bikin satu file compile isinya dari mulai peta MRT, makanan yang harus dicoba, makanan halal, cara naik bus, tempat beli tiket yang murah, car amenuju tempat atraksi, dan lain sebagainya.
Jadi kita berangkat di hari jumat dan kembali di hari sabtu, jadi total ada 9 hari 8 malam. Hari pertama kami sampai hongkong sekitar pukul 5 sore waktu hong kong, berhubung pergi bareng anak jadi hari pertama memang ga dijadwalkan kemana-mana selain cuma nyari makan malam, begitupun pas hari terakhir walaupun pesawat kami sore tapi ga ada jadwal pagi hari kemana-mana jadi kami bisa bagun siang dan packing dengan santai.


Jumat
arrive
Sabtu
Disney land
Minggu
Senzhen
Senin
Observatory park
3D museum
science museum
avenue of the star
ladies market
Selasa
Ngong ping
City gate
Repulse bay
Rabu
Ocean park/noah ark
Tai yuen street
Kamis
Hongkong park and botani and zoological park
The peak
Jumat
Macau
Sabtu
Go home

Kenapa kok lama amat di hong kong sampe 9 hari? karena tiketnya dapet murah kalau pilih tanggal berangkat dan pulang sesuai tanggal itu dan kalau dihitung2 selisih harga tiket bisa digunakan untuk akomodasi di hari tambahan yang sebelumnya kami rencanakan.

Dari semua rencana di atas yang tidak terlaksana ke observatory park, 3D museum, hongkong park dan macau. Jadi yang tadinya mau park hoping dan museum hoping gagal karena anak-anak kok rewelnya jalan di cuaca yang panas. Kalau ke macau akhirnya batal karena kami hitung-hitung dana yang dihabiskan yah lumayan cuma untuk melihat bangunan gereja runtuh dan kasino aja dan anak-anak juga pasti kurang suka kalau diajak kesana. Jadi macau kami simpan untuk kunjungan selanjutnya kalau ke hong kong lagi atau sengaja bikin trip ke macau kalau anak-anak sudah besar atau mungkin pak suami mau pergi kesana berdua istrinya aja? ;) hehehehe

Jadi yang berhasil direalisasikan adalah

1. Disneyland

Hari kedua kami ke Hong Kong kami pergi ke disneyland, tempat favorit banget yah ga cuma buat anaknya tapi juga buat ibunya sampai suamiku bilang "ini yang mau ke disneyland anaknya apa ibunya sih, kok yang lebih semangan bundanya yah?" hahahaha .. ya bolehlah dianggap bundanya juga yang mau ke disneylan karena emang menyenangkan.
Tapi sayangnya kita salah pilih waktu berkunjung ke disneyland. Pas kita datang kesana lagi summer holiday di Hong Kong plus emang weekend jadi supeer penuhnya ditambah lagi cuaca yang super panas, bikin semua irritabel dan ngabisin banyak uang buat beli minum. 1 botol bonaqua di disneyland Hong Kong harganya 30HKD (10 kali lipat harga normal di Hong Kong) dan kami menghabiskan lebih dari 6 botol deh.
Wahana yang sempet dicoba cuma carousel, frozen village,
Wahana lain ga sempet dicoba karena semua udah males liat antriannya. Oleh karena itu udah meniatkan diri harus balik lagi ke Hong kong Disneyland atau coba mengunjungi disneyland di kota lain.
Yang bikin eneng juga tentunya liat parade, qila dan eisha super duper excited liat the rela princess dan semua tokoh disney, tapi sayangnya kita ga ada foto sama sekali sama para tokoh disney itu karena again males liat antriannya :))

Cheaper ticket
Untuk dapat tiket disneyland murah, kami beli di golden crown hostel. Tiket disneyland harga normal saat kami kesana 499HKD untuk adult dan 355 untuk child tapi di golden crown kami bisa dapat harga 455HKD untuk adult dan 315HKD untuk anak-anak. Kalau beli banyak lumayan selisihnya buat beli oleh-oleh :))

How to get there
cara menuju disneyland Hong kong dari tsim sha hu area tempat kami menginap adalah dengan menggunakan MTR dari tsim sha hui ke lai king lalu pindah jalur kuning menuju sunny bay dari sunny bay ada MR khusus yang bertemakan disney menuju disneyland.

2. Senzhen
Hari kedua kami menghabiskan waktu di senzhen. Untuk perjalanan di Senzhen kami ikut paket tour, per orang dikenakan 115 USD terdiri dari visa yang sudah diurus beberapa hari sebelum kami tiba,  tour dengan mobil, guide bahasa indonesia, kunjungan ke window of the world, jade museum dan herbal museum dan makan siang serta makan malam di halal restaurant. Kalau lihat per orangnya sih keliatan mahal yah, tapi sebenernya sebanding kok. Jadi begitu kami tiba di Lo Hu tidak perlu repot-repot ke tempat pembuatan visa on arrival, begitu sampai tidak perlu pusing cari makanan halal, dan tidak perlu pusing transprortasi selama di sana. Sebelumnya juga sempet browsing tentang visa on arrival ke blognya mbak maria peni dan dapat kontaknya pak jhonny yang mengurusi visa china mbak peni. Mbak maria dapet harga visa senzhen 25RMB per orang dengan biaya pengurusan 300 RMB, tapi pas aku  tanya ternyata harganya sudah naik jadi 45RMB per orang dengan biaya pengurusan 500RMB. Lebih murah sih kalau tanpa pake sewa mobil dan makan siang kalau perjalanan rombongan lewat pak johny itu tapi karena suamiku ogah rempong jadi lebih pilih pake paket tour. Nah ga enaknya paket tour itu adalah harus berkunjung ke museum jade dan museum herbal which is menghabiskan waktu sekitar 3 jam sendiri. Dan intinya dari museum2 itu yah ajang menawarkan barang. 

Di museum jade kita cuma lihat sedikit sejarah giok and then langsung masuk ke ruangan dimana dijual macam-macam giok, dan ga enaknya di sini adalah harga yang ditawarkan musti ditawar rendah sekali supaya dapat murah. Aku gak suka deh model-model belanja begini. 
Di museum herbal, kita dapat cerita sedikit tentang tanaman herbal di China, lalu dibawa masuk ke ruangan ada tabib yang pegang nadi kita dan katanya bisa membaca penyakit kita. Yah percaya gak percaya sih sama yang beginian, pas aku yang dicek dibilang sehat cuma sedikit kurang darah sementara pas suami karena melihat posturnya tentunya langsung divonis macem-macem penyakit dan disuruh beli obat detoks. tapi karena suamiku emang ga boleh sembarang minum obat karena punya penyakit autoimun tentunya menolak beli, selain itu juga harganya super mahal untuk ukuran kantong kita huehehehe. 

Windows of the world
Highlight kunjungan kita ke senzhen itu sebenernya ke Windows of the World. Sebenernya ada dua theme park yang cukup terkenal di Hong Kong yaitu Windows of the world, splendid china , eh 3 denk satu lagi Senzhen Happy Valley, yang lokasinya lebih jauh dari lo Hou. 
Katanya lebih oke splendid china untuk lihat pertunjukan kebudayaan China, tapi aku lebih tertarik ke Windows of The World lihat miniatur menara Eiffel :))










3. Science Museum 
Hari ketiga niatnya nyenengin anak-anak ke science museum. Tiket masuknya 25HKD untuk dewasa dan 12.5HKD untuk anak-anak. Tapi ternyata qila kurang tertarik main disini hiks heheheh ... mungking kalau sudah kelas 3 SD ke atas baru tertarik kali yah. 
Dari hotel tempat kami menginap ke science museum ini deket tinggal jalan kurang dari 1 km, di sebelah science museum ada history museum yang katanya juga menarik tapi entah anakku kayaknya kurang tertarik :)).
satu-satunya yang menarik perhatian qila "playing big bubble"
Di Hongkong ada kebijakan tiap hari rabu admission fee di semua museum gratis loh. Dan lokasi museum-museum ini ga terlalu jauh. Jadi kalau mau mengagendakan waktu khusus buat main ke museum-museum di Hong Kong bisa memilih hari rabu untuk mengunjungi semua museumya. 

4. Ladies Market
Ini salah satu pasar malam yang terkenal tempat beli oleh-oleh dengan harga miring. Tips belanja di sini tawar sesadis mungkin. huahahahah ... kaos min musti dapat harga 100HKD untuk 6 pcs, gantungan kunci 100HKD 10 pcs, lugage tag 100HKD untuk 10 pcs, flash disk 100HKD untuk 10 pcs. Barang yang jual pedagang-pedagang ini juga sebenernya mirip-miriplah, jadi kalau menawar di depan ga dikasi yowes woles aja jalan lagi ke bagian dalam dan tawar algi. Kadang kita pura-pura ninggalin nanti dipanggil dan dikasi sesuai harga yang kita tawar.  
Di ladies market ini aku malah nemu toko pernak pernik lucu dengan harga yang udah pasti ga pake nawar, lebih enak belanja model begini buat aku sih. 

5. Avenue of the stars
Avenue of the star ini adalah tempat yang didedikasikan untuk para aktris dan aktor Hong Kong disana ada beberapa patung para aktris dan aktor tersebut dan juga hand print mereka. Walaupun ga terlalu tahu siapa artis-artis itu selain jacky chan tapi seneng juga melihat hand printnya. Gimana kalau ke hollywood yah? :))



Lokasi avenue of the star ini dekat dengan Hong Kong art museum, Hong Kong space museum, central pier ferry terminal, clock tower of Hong Kong dan harbour city mall :)) 

6. Temple street market
Ini salah satu pasar malam yang juga terkenal. Kalau ladies market terkenal karena katanya banyak barang untuk cewe kalau temple street market lebih dikenal dengan man street karena banyak barang untuk cowo. Katanya juga barang untuk cowonya barang-barang dewasa. Tapi ternyata pas kami kesana barangnya ga jauh beda sama yang kami lihat di ladies market tapi penjualnya lebih friendly dan harganya bisa ditawar lebih murah. Contohnya kami beli luggage tag 100HKD untuk 10 pcs, di mans market lugage tag 100HKD kami dapat 12 pcs. 

7. Jade Market
Kalau jade market ini cocok yang mau nyari giok, tapi untuk keasliannya kami gak terlalu ngerti. Pas pertama datang kami ditawarkan gelang giok dengan harga 680HKD, temennya suami iseng nawar 30HKD, dan akhirnya harga sepakat di 40HKD. hueheheheh jauh bener yah? Kebetulan temennya suamiku ini ngerti batu jadi dia bisa mengira-ngira deh harganya berapa menurut dia lumayan lah harga 40HKD heheheh.
Jade market ini lokasinya dekat dengan temple street market tapi bukanya pagi sampe sore saja. Jadi kalau mau sekalian datang bisa datang sekitar jam 3 ke jade market lalu lanut ke temple street market. 

8. The peak, sky terace and Madame Tsusaud
The peak itu salah satu the must visit place kalau ke Hong Kong kayaknya yah. Selalu penuh antrian naik tramnya. Dan yang ga enak juga lokasi the peak tram stasiun itu jauh dari stasiun MTR jadi udah deh ngos-ngosan jalan dari MTR stasiun makin ngos-ngosan lihat antrian naik tramnya kalau kita milih waktu yang ga tepat ke The peak ini. 

Di The peak kita bisa melihat pemandangan Hong Kong dari salah satu tempat tertinggi di hong Kong, dan biasanya orang-orang lebih memilih berkunjung ke The Peak ini pas malam hari karena pemandangan gedung-gedungnya lebih menarik karena lampu-lampunya sudah menyala.

Pas kita sampe the peak tram statiun dan melihat antrian akhirnya kita memutuskan naik taxi. Tadinya kita ditawari naik taxi dengan biaya 200HKD untuk 1 taxi, ditawar 150HKD ga mau deh tuh tukang taxinya, akhinya kita mencari taxi lain, dan pak sopirnya baik banget dnegan bilang biayanya sesuai argo aja. Dan pas sampe ke atas ternyata biayanya hanya 50HKD. Bedanya lumayan banget :(. Sampe atas kita langsung menuju skyterrace dan bisa lihat pemandangan Hong Kong dari atas. Lalu lanjut ke madame tsusaud, dan foto-foto sepuasnaya sama semua patung lilin di sana :)

Tips ke The Peak
Sebaiknya pilih waktu sore hari kalau mau ke The peak. Jadi antrian tram belum terlalu panjang dan kita bisa punya waktu lebih lama explore di the peak. Kami kesana sampe jam 8 malam dan sky terrace udah crowded banget, belum lagi kita musti cepet-cepet masuk ke madame tsusaud yang tutup jam 9.30. jadi kami terburu-buru dan gak sempet makan malam, pas mau makan malam semua toko sudah tutup jadi deh eisha rewel :(( 

Cheaper ticket
Kalau mau beli tiket murah bisa di golden crown hostel. Dengan harga 200HKD udah dapat tiket naik tram bulak-balik, sky terrace dan madame tsusaud untuk dewasa dan 160HKD untuk anak-anak. Kalau belum memutuskan untuk naik tram atau gak ga usah beli tiket dulu, dan naik tram itu bisa pake octopus card yang mana antriannya lebih pendek dibandingkan beli tiket dulu.  \

How to get there
Naik MTR dan turun di MTR admiralty atau MTR central.
Selain naik tram atau taxi ada juga bus yang rutenya ke the peak nomornya 15. Ongkos naik bus 9.8HKD per orang. Jadi kalau perginya berempat lebih enak naik taxi :))

9. Ngong ping 
si gadis cilik di bawah patung budha ..patungnya ketutupan kabut
Another a must visit and must try itu cable try menuju ngong ping. Kalau berani boleh coba crystal cabin yang semua cabinnya dari kaca, ajdi berasa melayang di udara deh. Tadinya sempet takut juga naik cable car karena kebayang cable car di taman mini, tapi setelah naik ternyata enak, ga berasa goyang-goyang nya walaupun harus melewati kabut tebal. Harga one way tiket untuk standar cabin 125 HKD dan worthed to try kok. Sampe atas sana kita bisa melihat patung budha terbesar dan bisa lanjut ke wisdom of the path. Sayangnya saya ga sempet jalan ke wisdom of the path karena ga ada yang nemenin dan waktunya juga terbatas. 

yeay..sampe juga ke patung budha setelah mewati ratusan anak tangga :))
Cheaper ticket 
Kalau mau beli return tiket dengan harga lebih murah bisa beli di Golden Crown Hostel, sayangnya mereka ga jual one way tiket jadi kami tetep beli di tempat tiket resminya. 

How to get there
Naik MTR sampe MTR Tun Chung, begitu keluar langsung kelihatan City Gate Factory outlet, cari petunjuk arah menuju statiun cable car.

10. CityGate
Ini salah satu factory outlet yang katanya menjual barang-barang branded murah di Hong Kong, tapi hasil muter-muter disana aku tak dapat satupun barang murah huahahahah .. harganya tetep murah di onlineshop di Indonesia.



You Might Also Like

8 comments

  1. Waaaa.. Dirimu dapet masuk ke frozen village? Aku IRIIIII. Pas sampe sana udah abis semua passnya jadi musti ngantri hiks hiks..

    Tapi memang HK lagi panas bgt yaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe..tp frozen village biasa aja kok be... lbh seru winnie the pooh kyknya

      Delete
  2. Mbak USB nya yg character itu kan? Gimana mbak bagus, soalnya di sana ngk di coba dulu kan. Terus mau tanya toko pernak pernik unik nya sebelah mana di ladies market nya. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Mbak USB nya yg character itu kan? Gimana mbak bagus, soalnya di sana ngk di coba dulu kan. Terus mau tanya toko pernak pernik unik nya sebelah mana di ladies market nya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga beli usb nya mbak...katanya sih ceoet rusak tp emg lucu2 kok

      Kalau toko pernak perniknya sederetan ladies market tp dia di pertokoan yang mengapit ladies market. Susah jelasinnya hehehe
      .. ini toko isinya barang karakter disney sama pernak pernik kerajinan tangan

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hi mba...mau tanya kalau tidak menginap di golden crown nya apa mereka mau menjual tiket murah ny kepada kita?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Hi mba...mau tanya kalau tidak menginap di golden crown nya apa mereka mau menjual tiket murah ny kepada kita?
    Terima kasih

    ReplyDelete