Little tips for first timer in Hong Kong

3:22 PM

Perjalanan ke Hong Kong kemarin itu merupakan perjalanan kami perama, dan banyak hal baru yang kami ketahui tentang Hong Kong. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi gambaran buat yang mau ke Hong Kong untuk pertama kali. 

1. Octopus Card

Sama seperti EzLink di Singapur, Hong Kong punya prepaid card yang bisa digunakan untuk semua mode transportasi yang dinamakan Octopus Card. Octopus card bisa digunakan untuk naik MTR, bus, ferry, tram, beberapa taxi dan juga bisa digunakan untuk belanja di beberapa gerai misalnya seven eleven, cirle K atau McD. Octopus card ini bisa dibeli di customer service semua MTR statiun. Jadi kalau mau langsung naik bus atau MTR atau airport express dari airport bisa langsung beli octopus card di customer servce MTR di terminal kedatangan HKIA. 

Harga octopus card untuk dewasa 150HKD dan anak-anak 70HKD termasuk 50 HKD untuk deposit. Untuk anak-anak sebaiknya diukur dulu tingginya sebeum beli octopus card. kemarin eisha kita belikan octopus card dan ternyata ga kepake ternyata pas lihat sticker pengukur tinggi baru sadar eisha harusnya gak usah beli, jadi deh sisa octopus cardnya dipake belanja aja :). Depositnya masih bisa terpakai alau seandainya pas penggunaan terakhir saldo octopus kita kurang. Tapi kalau sudah defisit sudah tidak bisa digunakan lagi. 


2. Taxi

Taxi di Hong Kong biasanya berwarna merah. Kalau naik taxi dari airport sudah ada besaran tarifnya sesuai daerah yang kita pilih. Misalkan ke Tsim Sha Hui tarifnya minimal 250HKD. Yang harus diketahui sopir taxi di Hong Kong kebanyakan gak bisa bahasa inggris. Jadi kalau mau kemana-mana tunjukin tulisan tempat yang kita tuju dalam bahasa cantonesse. Jadi sebelum naik taxi biasanya kita googling dulu nama tempatnya atau cari di googlemaps dan tunjukan pada sopir taxinya. 
Kebijakan lain yang aneh adalah bagasi kita kena charge tambahan. Satu tas atau satu barang yang ditaruh di bagasi kena 5 HKD. Jadi kalau kita sampai tempat tujuan lihat argo dan bawa barang makan angka yang tertera di argo ditambahan 5x jumlah barang yang kita bawa di bagasi. 

3. Kantong belanja

Hong Kong mungkin menjadi salah satu negara yang mendukung gerakan reduce plastik bag. Jadi kalau kita belanja mereka selalu menanyakan apakah perlu plastic bag, kalau perlu mereka akan mencharge 50 cent atau malah ada juga yang mencharger 1 dolar.


4. MTR

MTR di Hong Kong itu cukup jelas rutenya. Peta MTR ada di semua statiun, atau kalau mau kita juga bisa minta di customer servicenya. Yang agak beda sama di Singapur, pintu keluar dari MTR ini macem-macem. Misalkan kita mau ke Tai Yuen Street turun di MTR wanchai dan kita juga harus mencari pintu exitnya, yaitu di A3.  Lihat pintu exitnya dimana dari tempat yang kita tuju itu bisa dilihat kok di papan exit di setiap MTR. Mereka sudah punya list tempat terdekat yang bisa dijangkau dari tempat exit mana.
Yang kurang menyenangkan dari MTR di Hong Kong adalah tidak stroller friendly. Tidak semua MTR ada lift kalaupun ada cuma satu dan lokasinya cukup jauh. Dan pintu masuk ke dalam statiun MTR pun susah untuk dimasuki stroller, jadi sering kali kita gotong-gotong melewati pagar pembatas baru deh orang terakhir masuk statiun. 

5. Bus 

Bus di Hong Kong bentuknya adalah bus tingkat. Anak-anak pasti senang duduk di atas dan bisa lihat jalanan Hong Kong dengan posisi lebih tinggi. Tarif bus ini cukup murah, lebih murah dari MTR. Jauh dekat tarifnya sama. Kalau kita punya octopus tinggal tap aja octopusnya di pintu masuk, kalau gak punya musti bayar pake uang pas dan masukan ke dalam kotak ga ada kembalian.  
Double decker bus di Hong Kong
(gambar diambil dari sini)


6. Ding ding tram

Nah ini mode transportasi unik lainnya yang ada di Hong Kong dan cuma ada di Hong Kong island. tram yang punya rute sendiri dan tarifnya juga murah banget. Seneng deh anak-anak naik beginian. Disebut ding ding tram karena bunyi belnya "ding ding". Boleh dicoba yah kalau main ke Hong Kong di bagian Hong Kong islandnya. Tapi jangan pilih pas peak hour karena jalanan macet bisa menghabiskan waktu di jalan deh. 
Kalau mau naik ding ding tram itu masuk melalui pintu belakang dan keluar dari pintu depan. Jadi octopus card ditap saat kita akan turun dari pintu depan. 
Ding ding tram
(gambar diambil dari sini)


7. Cuaca 

Hong Kong mengalami empat musim kalau tidak salah yah. Summer disekitar juni-september, semi sekitar maret-mei, musim gugur sekitar september-november dan winter dari september sampai dengan februari. Sebaiknya pilih waktu saat musim semi atau musim gugur untuk berkunjung ke Hong kong. Cuaca tidak panas dan kita gak perlu pake jaket super tebal, cukup pake jaket atau coat biasa dan juga bisa pakai koleksi sepatu boot untuk jalan-jalan di Hong Kong. Saat kita kesana Hong Kong sedang masuk summer. Cuacanya supeer panas deh. Ga enak untuk jalan-jalan. Panasnya menyengat dan bikin keringetan dan juga dehidrasi. Walaupun musim panas tetap ada saatnya thunderstorm dan hujan, jadi selalu siapkan payung dan jas hujan walaupun berkunjung ke Hong Kong di musim panas. 

Selain itu yang juga khas di Hong Kong adalah angin taifun. Jadi sering sekali ada badai taifun. Biasaya kalau ada perkiraan taifun disiarkan melalui radio, televisi atau di web bmkgnya hong kong dan disemua tempat juga memasang tulisan adanya thunderstorm alert. 

Untuk melihat perkiraan cuaca Hong Kong bisa dilihat disini.

8. Discover Hong Kong

Pemerintah Hong Kong sadar banget yah potensi pariwisatanya harus ditingkatkan dengan memberikan kemudahan untuk para wisatawan. Salah satunya dengan menyediakan website informasi yang cukup lengkap. Ada beberapa website, tapi website discover hong kong ini yang cukup lengkap, bahkan ada fitur kita bisa bikin ittenary plan sendiri loh. Di website ini kita bisa melihat tempat-tempat yang bisa kita kunjungi di Hong Kong, dari mulai tempat wisata sampai tempat belanja. 

9. Tiket rekreasi murah

Semua tempat rekreasi di Hong Kong kelihatannya menarik untuk dikunjungi yah. Harga tiketnya pun lumayan. Nah untuk mengehemat kita bisa beli tiket rekreasi di agen-agen perjalanan yang suka nawarin tiket sebelum masuk ke tempat atraksi atau di tempat penginapan. Dari hasil pencarian sebelum ke Hong Kong dapetlah nama satu tempat yang menjual tiket rekreasi yang lumayan bedanya sama tiket resmi. misalnya untuk disneyland aja bedanya 40HKD. Kita beli beberapa tiket di Golden Crown Hostel. Kita bisa beli tiketnya di resepsionis lantai 5 dari si hostel ini. Lokasi hostelnya di nathan road ga jauh dari masjid Kowloon. 
tiket-tiket diskon di golden crown
(ambil dari websitenya golden crown)

10. Sim card dan wifi

Tarif international roaming dari provider internet yang aku pake di Indonesia untuk di Hong Kong itu kena 150rb per hari. jadi kalau 9 hari akan habis Rp 1.35 juta. males banget kan. Nah pas sampe ke HKIA kebetulan dapat voucher discount 20% sim card lokal dan harganya 89HKD providernya CSL. Murah kalau dibandingkan dengan pake simcard dari jakarta. Dengan harga segitu udah dapat pulsa telpon 48HKD dan internet unlimited. 
Kalau mau lebih hemat lagi bisa ga usah pake sim card karena wifi ada dimana-mana. Malah kemarin csl itu menawarkan free wifi hotspot di 15000 tempat di Hongkong kita tinggal ikuti langakh registrasi di brosur yang dibagikan. 

11. Hotel or hostel or apartment

Tempat menginap di Hong Kong terkenal mahal. Selain tergantung fasilitas juga tergantung lokasi hotel. Hotel yang harganya mahal biasanya lokasinya dekat pusat keramaian, hotel-hotel di daerah tsim sha hui harganya lebih mahal dibandingkan daerah lain. Jadi kalau mau menghemat penginapan bisa memilih hotel atau hostel di daerah selain kowloon, biasanya banyak yang milih menginap di daerah causeway bay. 

Saat mencari hotel selain dilihat harga, lokasi, ukuran kamar dan juga kebijakan membawa anak kecil juga ahrus diperhatikan. Ukuran kamar hotel di Hong Kong banyak yang mini-mini, ukurannya hanya 15m2 saja harganya sudah diatas 1 juta. Untuk yang travelling dengan anak lebih dari satu pastikan ke pihat hotel mengenai jumalh anak yang boleh menginap tanpa extra bed. Karena charge extrabednya lumayan bisa setengah harga kamar hotel. 

Untuk yang mencari menginap hemat bisa mencari hostel. Hostel yang banyak direkomendasikan antara laingolden crown hostel, hop in, eco in, dan lee garden. Beberapa hostel sudah menyediakan tempat yang nyaman untuk menginap mirip dengan hotel. Mirip yah ga sama hahahaha...coba browsing sebanyak-banyak deh jangan sampe salah pilih hostel.

Selain hotel dan hostel di Hong Kong juga banyak apartemen yang disewakan harian untuk para turis. Apartemn tersebut memang sudah mengantongi ijin untuk disewakan pada turis. Saat mencari penginapan di hong kong kemarin, aku menemukan beberapa apartemen yang cukup murah dan keihatan nyaman untuk ditinggali. Jadi kalau ke Hong Kongnya rombongan pilihan menginap di apartemen bsia jadi salah satu pilihan. 

Saat di Hong Kong kemarin kami menginap di Butterfly on prat hotel. Ratenya sekitar 15 juta untuk 8 malam. Ukuran kamar standar 22 m2, dan bisa membawa dua anak asalkan tidur tanpa extrabed. Dengan harga segitu kami juga dapat fasilitas handyphone  yang bisa kita bawa kemana-mana dan  bisa digunakan untuk internet, telpon lokal sepuasnya dan juga bisa mendapat diskon di beberapa tempat rekreasi. Stafnya helpfull dan bisa bahasa inggris. Di dalam kamar ada kulkas dan microwave, jadi kita bisa beli sarapan saat malam dan menghangatkannya saat pagi. 





You Might Also Like

2 comments

  1. lucu banget namanya ding ding tram. kalo disini disebutnya trolley. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tram aja sih tapi banyak yang nyebut ding ding tram karena bunyi belnya itu katanya hehehe
      wah ada juga yah tram di sana .. mudah2an suatu hari nanti kesampean menginjakan kaki di amerika hahaha

      Delete