Haji

8:09 PM

Merinding rasanya tiap denger kata haji atau mendengar orang pergi berhaji. Kedengerannya sih lebay tapi pengen banget bisa melaksanakan ibadah haji pas masih muda. Pas awal-awal nikah udah merencanakan pengen bikin tbaungan haji, tapi karena mertua belum berhaji kita prioritaskan dulu untuk mereka. Tapi kemudian baru sadar ternyata semakin kesini antriannya semakin lama. Papa dan mama mertua menunggu antrian selama 5 tahun. Dari yang tadinya papa mertua sehat sampai akhirnya 5 tahun kemudian sakit dan ga kuat pergi haji, jadi deh mama mertua pergi sendirian. Sedih kali yah kalau pergi berhaji tanpa suami. Akupun membayangkan pengen berhaji itu berdua suami, biar sama-sama merasakan perjuangannya ada teman yang bisa diandalkan.


Kita sebenernya udah punya tabungan haji tapi akhirnya maju mundur untuk daftar haji lewat jalur reguler karena antriannya panjaang. Coba ngecek ke websitenya kementrian agama dan bisa dilihat di bawah untuk kota bogor antriannya hinga 2032. 


16 tahun ngantrinya :((


Oleh karena itu kita sempet berubah niat mau ambil haji plus. Surveylah ke beberapa travel haji, dan kaget juga lihat ongkos ONH plus. Rasanya pengen punya pohon duit hahaha. Dan dengan harga yang lumayan itu antriannya sekarang sekitar 7-8 tahun aja. Dan kegalauan pun masih berlanjut...

Dari hasil survey ke beberapa travel ONH plus itu berkisar antara 8500 - 11000 USD per jamaah. Jadi kalau suami istri yah dikali dua aja yah. Lalu untuk pendaftaran itu harus memberikan deposit setengah dari harga ONH tersebut. Jadi kalau ONHnya 8500 USD maka pas saat pendaftaran sekarang harus sedia uang 4250USD dan sisanya akan dibayarkan setelah mendapat kepastian berangkat nanti (7-8 tahun llagi). Untuk yang katanya mau antriannya lebih cepat maka ada juga yang menawarkan bisa berangkat dalam 1-2 tahun tapi biayanya sekitar 12000-16000 usd per jamaah. fiuuh...langsung pening deh. 

Jadi sekarang sih belum daftar yang mana yah cuma sadar juga kalau kelamaan galaupun nanti makin lama berangkatnya. Jadi meyakinkan diri dan banyak berdo'a sama Allah supaya bisa dapat kesempatan untuk berhaji selama aku dan suami masih sehat. Amiin

You Might Also Like

3 comments

  1. daftar reguler dulu aja mbak..sambil nunggu, siapa tau dapet rezeki buat bisa daftar yg haji plus..atau berumroh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak..rencananya mau umroh dulu
      setelah itu baru akan memutuskan mendaftar haji reguler atau haji plus
      makasih sarannya :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete