TOM YUM GOONG

6:24 AM



Tom yum goong ini merupakan salah satu masakan khas thailand. Kalau jalan-jalan ke Thailand rasa tom yumnya khas dan seger banget yah. Cocok banget pas musim hujan makan tom yum goong ini. 

Salah satu bahan yang harus ada buat bikin tom yum ini adalah wansui atau daun ketumbah atau coriander leaves. Dulu-dulu tiap masak tom yum sering diskip si daun ketumbar karena nyarinya susah, tapi sekarang di pasar juga banyak nih si daun ketumbar ini. Selain daun ketumbar kecap ikan juga salah satu bahan yang memberikan rasa khas di tom yum. Jadi kalau bisa jangan sampai diskip.

Kuah tom yum yang khas biasanya dibuat dari kaldu udang, rasanya pasti lebih enak kalau kita bikin kuah dari kepala udang yang direbus. Tapi kalau tidak ada bisa diganti dengan ebi atau seperti resep di bawah pakai terasi :))

Bumbu yang digunakan cukup mudah didapat kok. Dan pasti gampang buatnya. Kalau isiannya seafood masaknya jangan terlalu lama supaya rasa seafoodnya masih enak ga alot karena overooked. 


Bumbu
2 buah cabe merah
10 buah cabe rawit
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1/2 sdt terasi
1 ruas jahe dimemarkan
1 batang serai diiris dan dimemarkan
5 lbr daun jeruk dibuang tulangnya dan diiris
4 sdm kecap ikan
2 sdm minyak goreng
Garam
Kaldu bubuk secukupnya
Air jeruk nipis 
Daun ketumbar sesuka hati 

Isian
Udang
Cumi
Jamur merang
Sawi 
Dan isian lain sesuai selera

Cara membuat
Tumis cabe merah dan cabe rawit dengan minyak hingga minyak kemerahan. Angkat cabe sisihkan minyaknya (ini anggap sebagai pengganti minyak cabai). 
Haluskan bawang merah bawang putih,cabe merah dan 5 buah cabe rawit. 
Didihkan air lalu masukan bumbu halus dan semua bumbu lainnya masak sekitar 5 menit lalu masukan isiannya dan masak lagi sekitar 5 menit. 
Sajikan dengan perasan jeruk nipis dan wansui.


You Might Also Like

1 comments