Umroh 2016

7:06 PM


Alhamdulillah kami akhirnya bisa melaksanakan umroh di akhir bulan april kemarin. Sejujurnya umroh ini bukan hal yang direncanakan benar-benar. Tadinya dalam hati pengennya daftar haji tapi suami yang belum pernah pergi ke Mekah bilang pengen nyoba dulu ke Mekah untuk melihat kondisi bayangan nanti kalau haji bagaimana. Keinginan umroh ini jadi semakin kuat karena mama mertua yang kelihatannya berharap anak-anaknya bisa pergi umroh. Mungkin ini yang disebut umroh dan haji itu hanya akan terjadi kalau Allah mengundang kita kesana. Orang yang punya uang banyak belum tentu terpanggil dan diundang Allah melaksanakan umroh/haji begitupun orang yang tidak punya uang bisa melaksanakan umroh/haji karena Allah yang mengundangnya :)
Jadi ga boleh putus harapan saat tidak punya uang untuk umroh/haji, inshaa Allah kalau Allah mengizinkan kita bisa melaksanakan umroh/haji yang penting banyak berdo'a.

Sungguh perjalanan umroh kali ini lebih banyak terasa hikmahnya dibandingkan umroh pertamaku 15 tahun yang lalu. Dulu zaman SMA belum terlalu ngeh apasih maknanya apa nikmatnya beribadah tapi pas umroh kali ini rasanya nikmat banget yah tiap sholat di masjid dan kenikmatan bertambah karena beribadah bersama suami. Di Indonesia paling kita sholat berjamaah pas magrib, kadang2 pas subuh itupun banyak bolongnya karena suami pulang udah lewat magrib atau pas subuh-subuh istrinya sholat duluan :D

Pas melaksanakan ibadah umroh berasa banget gimana suami melindungi istrinya. Padahal kalau di Indonesia kan kesannya punya suami cuek amat sih tapi pas umroh disana pak suami megangin tangan istrinya trus jangan ampe istrinya ilang mungkin yah :)) berasa romantis tingkat dewa deh jadinya. Soalnya liat jamaah lain yang suami istri, suaminya pada cuek aja istrinya jalan dimana suaminya jalan dimana.

Sebelum umroh kemarin aku suka bertanya-tanya kenapa sih umroh aja sering amat kan uangnya bisa buat yang lain. Tapi pasca umroh kemarin aku jadi merasakan apa yang mungkin mereka rasakan. Nikmatnya beribadah disana emang bikin nagih yah. Do'aku kemarin di tempat-tempat mustajab salah satunya ijinkan aku dan keluargaku bisa menikmati ibadah lagi di Mekah dan bisa mengajak orang-orang yang belum pergi ke Mekah untuk bisa merasakan kenikmatan yang sama seperti yang aku rasakan.  Mudah-mudahan Allah mengabulkan do'a itu :)

Setelah umroh ini sih aku berharap bisa memperbaiki kualitas ibadahku. Pengennya sholat lebih khusyuk seperti saat sholat di depan ka'bah. Pengennya sholat selalu tepat waktu ga boleh molor-molor dari waktu masuknya sholat dan harus lebih semangat buat sholat. 

taken from here





You Might Also Like

2 comments